Camat Bojonggenteng : Kelembagaan di Desa Harus Harmonis

SUKABUMI, INFODESAKU – Kecamatan Bojonggenteng kembali gelar Sosialisasi peraturan Bupati No 15 tahun 2015 tentan Badan Pemusatan Desa, acara di gelar di gedung aula Kecamatan Bojonggenteng, Kamis, (13/12/18.

Acara dihadiri para kepala Desa, para ketua BPD se-Kecamatan Bojonggenteng beserta tamu undangan lainnya.

“Dimana tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh BPD untuk bersama-sama dengan kepala Desa, menetapkan Peraturan, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat kemudian BPD mempersiapkan penyelenggaraan pemilihan Kades pada tahun depan agar mendapat pengertian dari semua unsur, disamping itu BPD bagaimana membangun wilayahnya mengingat tugas kepala Desa itu sangat berat,” kata Camat Bojonggenteng, Anwari saat menyampaikan sambutannya.

Lanjut Camat, BPD dan Kades mungkin bisa membuat aturan tentang lingkungan agar wilayahnya bersih,  peduli terhadap pembangunan, membantu kades dalam  pemberdayaan masyarakat.

Terpisah, Hodan Pirmansyah Kasi Penataan Desa, mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 15 tahun 2015 badan Pemusatan Desa.

“Saya apresiasi karena dengan adanya sosialisasi Pergub ini pertama baik internal maupun internal BPD sendiri harus tahu aturan dia sebagai pedoman untuk memperkuat jadinya secara legal formal tersebut baik pengisian keanggotaan BPD, kelembagaannya tugas dan fungsi BPD, larangan kewajiban DPD maupun tata tertib yang ada di perbub secara global  sudah kami jelaskan,” paparnya.

“Lembaga yang ada di desa ini harus benar-benar harmonisasi di kelembagaannya salah satunya bagaimana sih tugas dan fungsi BPD sebagai mitra kepala Desa diharapkan sebagai tanda ketidak mungkinan yang bertolak belakang dengan kebijakan Pak Kades tapi di sini harus sinergi harus harmonis keberadaan BPD, adanya harmonisasi BPD dengan pemerintah Desa akan tercipta kesejahteraan atau tercipta harmonisasi yang kondusif,” tutupnya.

Laporan : DEV

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional