Duka Diakhir Tahun 2018, Puluhan Rumah di Cisolok Tertimbun Longsor

SUKABUMI, INFODESAKU – Di saat sebagian besar penduduk bersuka cita menyambut Tahun Baru 2019, musibah dan bencana alam longsor kembali terjadi dan kali ini pun merenggut korban jiwa.

Menurut informasi yang dihimpun dan data yang dikumpulkan, Hujan deras yang mengguyur sekitar Desa Sirnaresmi menyebabkan aliran permukaan di areal hutan dan pesawahan.

Ditambah jenuhnya air menyebabkan longsor di wilayah perbukitan dan materialnya meluncur menuruni lereng kemudian menimbun sekitar 34 unit rumah Kampung adat bagian bawahnya yaitu di Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada 31/12/2018 pukul 17.00 WIB.

Menurut Kiki, Warga Jampang menuturkan kejadian sekitar jam 17.00 WIB berawal dari hujan deras mengguyur sekitar wilayah Desa Sirnaresmi. Karena di akibatkan debit air cukup tinggi di areal hutan dan pesawahan sehingga mengakibatkan longsor besar terjadi di areal tersebut.

“Padahal dibawahnya ada Kampung Garehong, Dusun Cimapag Desa s
sirnaresmi. Diprediksi ada 30 unit rumah yang tertimbun dengan jumlah korban yang belum bisa disebutkan. Menurut info dilapangan baru ditemukan korban meninggal  4 orang,” ungkapnya melalui pesan WAG whatsapp, sekitar pukul 22.00 WIB (31/12).

Masih kata Kiki, Ia Menambahkan sementara yang meninggal baru dievakuasi 15 orang dan baru diketemukan warga.

“Relawan ga berani menolong karena takut ada longsor susulan, mohon mengirimkan bantuannya untuk para korban,” tuturnya penuh harap.

Namun terkendala cuaca hujan dan gelap karena malam, Selain itu listrik padam dan komunikasi seluler juga sulit. Sementara upaya evakuasi akan dilanjutkan besok pagi.

BPBD Kabupaten bersama TNI, Polri, Basarnas, aparat setempat, relawan dan masyarakat melakukan evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban. Pendataan masih dilakukan. Pendataan untuk memastikan jumlah korban dan rumah tertimbun longsor.

Akses jalan menuju lokasi longsor jalanan yang terjal, berbatu dan ditambah cuaca hujan rintik menyulitkan tim untuk melakukan evakuasi. Posko BNPB terus memantau penanganan bencana dan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi dan BPBD Provinsi Jawa Barat.

Informasi rilis oleh Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi: TRC BPBD Kabupaten Sukabumi dengan Bapak Rahmawan via telpon 081311146733 & Polmas Bogor Raya dengan Bapak Agus Priyo via telpon 0895338321257.

Laporan : Taufik

Related posts

Pemdes Bojong Rangkas Serah Terima Kunci RTLH

Ini Kata Danki “Pembangunan TPT Tebing Dua Hari di Perkirakan Selesai”

Terangi Hati Dengan Lebih Peduli, Barucis Kembali Santuni Anak Yatim Dan Jompo Desa Cipeuteuy