Kades Hadi Ingin Jadikan Kedungringin Menjadi Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Blora

BLORA, INFODESAKU“Majunya Desa majunya Negara, begitupun sebaliknya mundurnya Desa hancurnya Negara”. Pepatah ini bukan hanya sekedar untaian kata tanpa makna. Butuh peran serius jika sebuah Desa ingin maju dan berkembang disegala sektor, baik itu Pemerintahan Desa, Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten maupun dengan warga masyarakatnya.

Di awal tahun 2019 ini melalui PT. Infodesaku Mediatama Group (IMG), perlahan namun pasti berupaya menjelajah kembali Desa-Desa yang ada di Kabupaten Blora yang sedianya melakukan inovasi atau terobosan salah satunya dalam bidang Pembangunan kepariwisataan.

Sebagai langkah awal dan objek penelusuran kami, Dari sebanyak 271 Desa yang ada di Kabupaten Blora, Tim Infodesaku memilih salah satu Desa di wilayah Kecamatan Tunjungan yakni Desa Kedungringin yang dalam perjalanannya mencoba mengeksplore diri melakukan pengembangan inovasi Desa.

Jalan utama Desa Kedungringin Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora

Desa Kedungringin, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora yang saat ini dipimpin oleh seorang pemuda yang kreatif dan inovatif yakni Hadi.

Dibawah kepemimpinan Hadi, Desa Kedungringin berhasil mengembangkan program diantaranya Pavingisasi, Pembangunan saluran air yang ditutup trotoar hingga menghadirkan Pembangkit Listrik Tenaga Angin dan Sinar Matahari (PLTASM).

Pembangkit Listrik Tenaga Angin dan Sinar Matahari (PLTASM) Desa Kedungringin

“Kampung Kedungringin adalah Kampung kelahiran saya, sejak awal memimpin saya bertekad harus ada perubahan yang signifikan. Percuma jika pemuda hadir ditengah-tengah kepemimpinan masyarakat tapi tak mampu hadirkan perubahan,” tuturnya pada Kamis  (3/1).

Masih kata Hadi, saat disinggung  inovasi terkait Pembangkit Listrik Tenaga Angin dan Sinar Matahari yang ada di Desa Kedungringin, dirinya mengaku sebenarnya pembangkit listrik angin dan matahari bukan kali pertamanya ada di Kabupaten Blora. Kawasan wisata Bukit Cengklik di Desa Bicak, Kecamatan Todanan juga ada, bedanya pembangkit listrik tersebut untuk penerangan kawasan wisata.

“Kalau di Desa ini kami pakai untuk penerangan sepanjang jalan Kedungringin,” terangnya.

Oleh karena itu, kata Hadi perencanaan kedepan Desa Kedungringin ini ingin serius dan berupaya untuk menjadi Destinasi Desa Wisata. Pihaknya pun mulai membuat progress mulai dari pelebaran Jalan utama hingga infrastruktur lainnya pun semuanya akan mengalami perubahan yang signifikan.

“Saya memang punya cita-cita ditunjang pula dengan perencanaan yang matang berupaya ingin menjadikan Kampung halaman dan Desa Kedungringin menjadi destinasi baru di Kabupaten Blora.” pungkasnya penuh harap.

 

Laporan : INDES JATENG/ ADIRIN

Related posts

Iwan Setiawan Akan Bangun Akses Jalan Kawasan Wisata Lebih Baik, Untuk Mendorong Babakan Madang Sebagai Wilayah Destinasi Wisata

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Puisi Puisi Soleh Sohih