Tak Hanya Obyek Wisata Pantai,Objek Wisata Banten Sepi Wisatawan

SERANG, INFODESAKU – Tsunami Selat sunda yang terjadi pada Sabtu (21/12) lalu tak hanya sekadar menghancurkan bangunan rumah ataupun lainnya dan menewaskan ratusan orang, tapi kejadian tsunami kemarin mematikan pariwisata pantai di pesisir Banten.

Ketua SPB Banten, Kurniawan Yudho menggelar kegiatan gathering pesona banten yang digelar di Pantai Batu Saung, kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (13/1/2019).

“Kita berupaya dengan kegiatan ini, wisata di Banten bisa bangkit kembali. Masyarakat tidak perlu takut lagi untuk berkunjung ke pantai yang ada di Banten,” Ucapnya Kurniawan Yudho sambil memberikan semangat untuk bangkit kepada hadirin.

“Imbas dari kejadian tsunami ini, Ia mengungkapkan bahwa tingkat pengunjung yang datang ke Pantai Anyar menurun cukup besar. Meski pada kejadian ini Anyer tidak berdampak pada kerusakan, tapi dunia pariwisatanya ikut mati,”ungkapnya.

Meskipun begitu, Kadispar Provinsi Banten Eneng Nurcahayati menuturkan Banten masih memiliki banyak objek wisata lain yang menarik, tak hanya sekadar pantai saja.

“Banten memiliki berbagai destinasi lain selain pantai yang bisa dijadikan alternatif berwisata.
Disana terdapat berbagai macam wisata tentunya dengan suasana wisata yang beragam, ada wisata alam, budaya hingga buatan. Beberapa diantaranya terletak di Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang dan di beberapa tempat lainnya,” tutur Eneng Nurcahayati

Provinsi yang berdiri sejak tahun 2000 itu memiliki banyak objek wisata alam, seperti Pemandian Air Panas Alam Batu Koewong di Serang dan Telaga Biru yang berada di Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Berwisata ke Banten tak lengkap jika kita tidak berwisata religi, salah satunya ke Masjid Agung Banten yang berada di kawasan Kesultanan Banten.

Masjid ini merupakan bangunan sejarah yang berdiri sejak 1569. Bangunan masjid ini memiliki gaya arsitektur china, hindu, jawa dan eropa. Disana juga ada peninggalan dari kerajaan islam yang pernah ada di Banten serta lengkap dengan makam orang-orang yang berjasa dalam pengembangan Agama Islam di Banten.

Selain itu, Banten juga memiliki air terjun yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya Air Terjun Cihear yang ada di Gunung Leutik yang masuk dalam kawasan Gunung Halimun Salak. Letaknya berada di antara Desa Cigobang Dan Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak.

Mari kita berkunjung ke destinasi wisata yang berada di Banten.

Laporan: Ria/ Wanda

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Tanah Jampea di Kepulauan Selayar Pulau Bergelimang Potensi Yang Tak ‘Terjamah’

Kopi Dukuh Tumbuh di Silayung Park Cibatu