Puluhan Hektar Pesawahan di Desa Giri Mukti Terancam Kekeringan

LEBAK, INFODESAKU – Bendungan Jaringan irigasi pesawahan tidak berpungsi, akibat luapan air yang dipicu hujan lebat telah menyebabkan dam irigasi tersebut jebol terkikis sehingga pasokan air untuk puluhan hektar sawah tidak optimal. tepatnya di Kampung Cipinang Desa Girimukti Kecamatan Cilograng Kebupaten lebak propinsi banten . Kamis (7/2).

pasalnya tanggulan yang seharusnya menampung debit air untuk di alirkan ke sawah petani dampak dari jebolnya tanggul tersebut kemungkinan besar puluhan hektar sawah akan mengalami kekeringan dan gagal panen jika tidak secepatnya di perbaiki.

Dikatakan Usup Ketua RW setempat kepada infodesaku Benar pak jaringan irigasi yang biasa mengairi pesawahan di daerah cipinang yang luasnya mencapai puluhan hektar, kini sudah tidak berpungsi akibat bendungannya jebol.

“Kami berharap kepada pihak SDA (sumber daya air) maupun dinas terkait bisa membangun jaringan irigasi sebab masyarakat sangat membutuhkan pengairan untuk sawahnya,”harapnya.

Ditempat terpisah Adang selaku petani dirinya memohon kepada pemerintah supaya secepat mungkin membangun irigasi ini. Mungkin kalau Swadaya tidak bisa mencukupi biaya bangun irigasi, yang rusak itu bukan hanya bendunganya saja, tapi sepanjang saluran jaringan irigasi banyak yang terkikis dari longsoran,”katanya.

“Tidak mungkin jika mengandalkan dari swadaya gak mungkin cukup, cobalah diperhatikan kebutuhan para petani,” ketusnya.

Laporan : Somantri

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan