Kemenpar Gandeng Dosen STP Trisakti Tingkatkan Kapasitas Pelaku Usaha Pariwisata Kabupaten Garut

GARUT, INFODESAKU – Bertempat di Ballroom Fave Hotel Garut pelatihan peningkatan kapasitas usaha masyarakat yang diprakarsai oleh Kemenpar dengan menggandeng Dosen STP Trisakti yang berlangsung selama 2 hari dari hari Rabu 27/2 hingga Kamis 28/2, bahkan Anggota DPR RI Komisi X bidang Kepariwisataan Ferdiansyah, MM turut hadir dalam pelatihan tersebut, adapun jumlah peserta sebanyak 61 orang yang diambil dari pelaku usaha diantaranya : Kompepar Kecamatan atau Kelompok penggerak pariwisata, dan pelaku usaha pariwisata seperti homestay, makanan dan minuman juga pelaku usaha Souvenir se-Kabupaten Garut dengan sasaran “Peningkatan Kapasitas Usaha Masyarakat”.

Assisten deputi pengembangan SDM Pariwisata dan hubungan antar lembaga deputi bidang pengembangan industri dan kelembagaan kementrian pariwisata Republik Indonesia Dayani Intan, MM selaku Kabid Diklat SDM Kemenpar memberikan materi pelatihan mengenai kualitas produk, DR. Heri Hermawan dari Widyaiswara Kemenpar memberikan materi Pariwisata dan Masyarakat serta Pemasaran Pariwisata , Rina Fitriana, MM dari Dosen STP Trisakti demgan memberikan materi Pelayanan Prima dan Kewirausahaan, bahkan Ferdiansyah juga turut memberikan pemaparan mengenai pariwisata secara umum.

Hadir dalam pelatihan tersebut Kadis Parbud Garut Budi Gangan G, Kabid Parbud Makmun, Kemenpar Dra. Dayani Intan L. ,MM., Kepala bidang Diklat SDM Aparatur dan Transformasi dan PIC kegiatan Kemenpar Wardikin dan Frianty Kartika Widhi.

Budi Gangan selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut dalam sambutannya, akan turut berkontribusi baik itu dari Akademisi, Dinas terkait dan Media.

“Desa Wisata yang yang telah berjalan aeperti Desa Samida yang ada di Kecamatan Selaawi. Dinas akan membantu dari tahapan sampai proses hingga berjalan,” Tuturnya.

Endang Yana selaku peserta sekaligus sebagai Kepala Desa barudua Kecamatan Malangbong saat di temui awak media perihal manfaat dari pelatihan tersebut menuturkan, pelatihan ini sesuai dengan tema dan kebutuhan yang ada di desa kami yaitu dalam peningkatan tingkat kunjungan wisatawan.

“Pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan di desa kami dalam peningkatan tingkat kunjungan wisatawan dengan begitu ada korelasinya baik itu dari bidang pariwisata, bidang kuliner dan homestay dan juga akan memberikan pehaman-pemahaman kepada masyarakat pengurus pariwisata yaitu Kompepar maupun badan usaha milik desa,” jelasnya.

Laporan : RIYADI

Related posts

Luar Biasa! Desa Cilebut Barat Kedatangan Tim Penilai Lomba Desa Sadar Hukum

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional