DLH Terapkan Cimahi Bebas Sampah Upayakan Zero Wates kepada Masyarakat

CIMAHI, INFODESAKU – Zero wates merupakan progam Dinas Lingkungan Hidup yang bertujuan supaya Kota Cimahi bebas dari sampah, setiap hari Kota Cimahi yang terbagi ditiga Kecamatan dan 15 kelurahan ini harus menampung 300 ton sampah yang tentunya berdampak pada biaya oprasional seperti Angkut, kumpul dan Tarik oleh Armada yang menelan biaya milyaran rupiah pertahun.

Kegiatan tersebut berlokasi di Aula Kelurahan Cibabat dilakukan Sosialisasi Zero Wates oleh Dinas lingkungan Hidup Kota Cimahi bersama kepala kelurahan serta ketua Rw dan Relawan yang peduli terhadap Sampah. Selasa (26/3/19).

Kepala bidang Lingkungan Hidup Tigor mengatakan, jika dampak yang ditimbulkan oleh sampah ini tentu akan menimbulkan bencana dan harus ditangani secara serius, jika selama ini pihaknya sedang mengupayakan kantong kresek yang jika dibuang kreseknya bisa terurai.

“Selain kantong kresek tigor mengharapkan peran masyarakat dalam menangani sampah yang harus dimulai dari keluarga, dan tidak lama lagi DLH (Dinas Lingkungan Hidup ) akan melakukan pemahaman bebas sampah dari rumah kerumah bersama petugas Pati (Patroli Kebersihan) yang berseragam Orange dan Hijau,” paparnya.

Ditempat yang sama Sodikin mengatakan jika progam Zero Wates harus mendapat tanggapan dan bisa diterapkan dimasyarakat agar bisa dijadikan Virus yang baik.

“Untuk lebih jauh penanganan yang paling mudah dalam mengelola sampah diperlukan kesiapan dan kemauan masyarakat untuk bisa memilih dan memilah sampah Organik dan Anorganik agar bisa dimanfaatkan kembali oleh masyarakat, fungkas Sodikin,” ujarnya.

Masih kata Tigor, dirinya menambahkan, jika di tahun 2022 TPA Sari Mukti akan ditutup dan akan dipindahkan ke Legog Nangka yang berlokasi dikabupaten Garut, tentu jika tidak tangani dari sekarang jelas akan menelan anggaran 2 kali lipat.

“Untuk menekan biaya yang sangat besar tersebut diperlukan upaya memilih dan memilah sampah yang diyakini dapat memangkas biaya, sehingga pemangkasan biaya bisa dipergunakan untuk biaya pemahaman sampah di sekolah – sekolah dikota cimahi.” jelas Tigor

Laporan : Hermawan

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra