Pemdes Sukaharja Ikuti Lomba Pos Kamling

BOGOR, INFODESAKU – Berharap keluar sebagai jurara, Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) Warga Kampung Pasiran Tengah Rt 04/03, Desa Sukaharja mempersiapkan diri untuk mengikuti perlombaan Pos Kamling, ‘Tegar Beriman Awards’ tingkat Kabupaten Bogor. Selasa (21/5) 

Sekdes Sukaharja, Mochamad Satori mengatakan, aparatur wilayah setempat beserta warga sudah melakukan sejumlah persiapan seperti melakukan pengecatan ulang atas pos ronda, dan melengkapi kembali buku administrasi, sarana komunikasi, kentongan dan lain sebagainya, serta masyarakat sadar betapa pentingnya Pos Kamling.

“Siskamling merupakan sistem pengamanan gotong royong yang perlu dilestarikan dan ditumbuh kembangkan di kehidupan bermasyarakat. Maka dengan sistem keamanan yang menjiwai masyarakat khususnya di wilayah pemukiman jadi sangat perlu di kembangkan terus,” ucapnya.

Lanjut Satori,  nantinya akan dipilih salah satu Siskamling terbaik. Bukan hanya bangunan secara fisik, tapi yang terpenting ialah kegiatan.

“Apakah Siskamling sesuai dengan fungsinya. Kemudian, kaitan dengan data kelengkapan di pos kamling seperti buku tamu, kejadian dan sebagainya,” tuturnya.

Ia mengatakan, Siskamling ini sudah lama berjalan di Kampung Pasiran Tengah. Sehingga, Siskamling yang ada menjadi nominasi dalam kegiatan perlombaan tersebut.

“Siskamling kita bukan dadakan. Nah karena ada lomba ini kita jadi melakukan sedikit pembenahan bangunan Pos Kamling,” terangnya.

Dirinya berharap, bukan hanya sekadar mengikuti perlombaan. Keberadaan Siskamling Kampung Pasiran Tengah dapat meminimalisir kejadian atau gangguan yang terjadi di masyarakat.

“Apalagi akhir-akhir ini banyak kejadian tawuran begal dan lain sebagainya. Kita galakan Siskamling bukan hanya karena ikut lomba. Tapi terfokus kepada Kamtibmas di lingkungan Sukaharja.” pungkasnya

Laporan : Yudi

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove