Desa Padanan Jadi Tempat Pelaksanaan TMMD ke-105

SUMEDANG, INFODESAKU -Sumedang menjadi salah satu kabupaten yang menjadi tempat pelaksanaan TMMD ke 105 dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat serta memantapkan kesadaran bermasyarakat,berbangsa dan bernegara, bela negara serta disiplin nasional.

Program TMMD ini mengedepankan kepentingan masyarakat guna mendukung keberhasilan program ini dibutuhkan peran serta dari seluruh komponen masyarakat dalam memelihara kemitraan, kemandirian menuju kearah perubahan yang lebih baik, mewujudkan kemajuan wilayah, ketahanan wilayah yang tangguh serta memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

TNI Manunggal Membangun Desa( TMMD ) merupakan program Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan salah satu wujud Operasi Bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementrian/ lembaga non kementrian serta segenap komponen masyarakat dalam upaya mendukung pemerintah dalam Akselerasi pembangunan di suatu daerah.

Sumedang menjadi salah satu kabupaten yang menjadi tempat dimana pelaksanaan TMMD ke-105 dilaksanakan. Bertempat di Desa Padanaan, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang pada hari Selasa (09/07/2019) digelar Upacara Pembukaan TMMD ke-105 dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum, SE.

Dalam sambutannya Wagub Jabar Kang UU mengatakan, bahwa TMMD merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Pemerintah Daerah (Pemda) serta komponen bangsa lainnya.

“Program TMMD adalah program lintas sektoral dalam membangun suatu daerah dari keterisoliran. Titik program TMMD adalah desa terpencil dan terisolir,” tutur kang Uu dalam sambutannya.

Masih kata Wagub lebih lanjut, Program ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan masyarakat, baik itu akses ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

“Tak kalah pentingnya dari kegiatan ini adalah merupakan bentuk aktualisasi budaya gotong royong, yang merupakan nilai luhur suatu bangsa serta dengan harapanya itu agar masyarakat desa yang terisolir, bisa merasakan pemerataan pembangunan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.” pungkasnya.

Dalam Upacara Pembukaan tersebut dihadiri oleh Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi, Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, SE., Danrem 062 Taruma Negara (TN) Kolonel Inf Parwito dan sejumlah unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang.

Laporan :Suradi/Oki

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove