GML Lakukan Aksi Terkait AMDAL PT. CAP di Merak Belantung Kalianda Lampung Selatan

LAMSEL, INFODESAKU – Kekesalan warga masyarakat Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan pada limbah kotoran operasional PT. Central Avian Pertiwi CAP II akhirnya memuncak didampingi Gema Masyarakat Lokal GML, DPP Lampung, beserta puluhan warga melakukan aksi unjuk rasa di Pemkab Lamsel. Pada Rabu, (24/072019) kemrin.

Aksi unjuk rasa dimulai dari Dinas Lingkungan Hidup DLH, di lanjutkan ke Dinas Peternakan Lamsel dari orasi yang disampaikan, warga menuding operasional perusahaan ayam pertelur ini telah mengabaikan kebersihan lingkungan terkait izin di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tentang Anasis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), membuat banyaknya lalat di lingkungan sekitar, limbah cair dari perusahaan juga diduga mencemari sungai yang berada di Desa Merak Belantung.

Menurut perwakilan warga Desa Metak Belantung yang tidak mau di sebutkan namanya, siang malam, lingkungan kami dipenuhi dengan lalat. Bahkan, kami tidur mata tertutup dengan lalat mulut juga sering dimasuki lalat,” ujarnya.

Senada disampaikan Koordinator Lapangan aksi, Slamet Riyadi. Menurutnya, instansi terkait harus mengambil langkah serius dalam menyikapi keluhan masyarakat, khususnya terkait operasional PT. CAP II.

“Untuk itu, kami menuntut tutup PT CAP II. Karena keberadaan perusahaan ini, sudah meresahkan warga,” ujarnya diatas mobil komamdo aksi, selain itu, pengunjuk rasa juga mempertanyakan legalitas perusahaan dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) perusahaan kepada DLH Lamsel.

Feri Bastian Kepala Dinas DLH Lamsel, dalam wawancaranya mengatakan, Kami menanggapi aspirasi masyarakat tersebut, akan menindak lanjuti langsung turun ke lokasi untuk mengambil sample dan di uji laboratorium.

“Bila memang terbukti maka akan kami berikan sanksi sesuai dengan peraturan udang Undang yang berlaku selanjutnya akan menutup PT. CAP yang ada di Desa Merak Belantung tersebut,” Tegasnya.

Berselang sekitar 20 menit aksi unjuk rasa berlangsung, sejumlah perwakilan pengunjukrasa di minta melakukan mediasi dengan perwakilan DLH, Disnak, Polres, Kades Desa Merak Belantung, dan Camat Kalianda Kabupaten Lampung Selatan.

Laporan : Ridwansyah.Ys/BR

Related posts

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini