Kemenpar Beri Pelatihan SDM Bagi Masyarakat Larantuka, Flores Timur NTT

NTT, INFODESAKU – Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar) bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar kegiatan pelatihan SDM yang berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu Rabu dan Kamis (24-25/07) lalu bertempat di Rumah Bina Saron, Larantuka, Flores Timur, NTT. Kegiatan ini sendiri terdiri atas Workshop Sadar Wisata dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Homestay.

Peserta pelatihan SDM berjumlah 100 orang dengan rincian sebanyak 50 peserta terdiri dari pemilik dan pengelola homestay, perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan usaha pariwisata yang dilibatkan dalam Bimtek Pengelolaan Homestay, sedangkan 50 peserta lainnya mengikuti Workshop Sadar Wisata dan terdiri dari perwakilan pelaku usaha pariwisata, media, komunitas, swasta dan SKPD terkait.

Kegiatan diawali dengan pemberian laporan oleh Kadisparekraf Provinsi NTT yang diwakili Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Alfonsius Ara Kian dan dilanjutkan dengan sambutan dari Dominggus Demon selaku Asisten II Provinsi NTT yang sekaligus membuka kegiatan pelatihan tersebut. Alfonsius dalam laporannya menyebutkan bahwa pariwisata menitikberatkan pada pelayanan sehingga dibutuhkan SDM pariwisata yang mumpuni.

“Pelatihan SDM yang dilaksanakan pada hari ini dan besok merupakan salah satu cara untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Flores Timur khususnya dan Provinsi NTT pada umumnya. Diharapkan dengan berkembangnya pariwisata, maka perekonomian daerah akan terangkat dan kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat,” jelasnya.

Pelatihan ini mendatangkan narasumber dari Kemenpar yaitu Arius SM Hutahaen yang memberikan materi Implementasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona serta Pengelolaan Homestay Era Digital Tourism 4.0. Dari daerah, tampil sebagai narasumber Workshop Sadar Wisata dan Sapta Pesona diantaranya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Flores TImur, Apolonia Corebima, dengan materi Kebijakan Pembangunan Pariwisata dan Sinergitas Program Kepariwisataan Flores Timur, dan Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi NTT Benediktus Wahon dengan materi Kebijakan dan Grand Design Pembangunan Pariwisata di NTT. Sedangkan dalam Bimtek Pengelolaan Homestay dihadirkan narasumber daerah Kepala Bidang Kelembagaan Disparekraf Johanes Keran yang memaparkan mengenai Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Homestay Desa Wisata.

Kegiatan 2 (dua) hari ini ditutup dengan observasi lapangan berupa kunjungan ke beberapa homestay dan diskusi antara para peserta dengan narasumber.

Laporan : RF

Related posts

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Launching RW Bersih Narkoba Satu-satunya se-Jawa Barat

Iwan Setiawan Mengikuti Arahan Presiden Jokowi Pada Rakornas Pengawasan Intern 2023

Tumpukan Sampah Mulai Diangkut, Warga Desa Bojonggede Merasa Lega