Paguris Team Dan Relawan Indonesia Sambut Hari Sungai Nasional

SUKABUMI, INFODESAKU – Banyak kegiatan yang fositive yang dilakukan para penggiat sosial di hari Sungai Nasional Hari yang ditetapkan oleh pemerintah pada tanggal 27 Juli sejak tahun 2011 dalam peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2011. Pasal 74 Ketetapan ini termuat.

Aktivis “GURILAP” (Gunung, Rimba, Laut, Pantai) sebut saja Namanya Paguris Paqih yang selalu aktiv dengan kegiatan kegiatan bersih bersih jalan, pantai, sungai, jembatan. Dengan gaya dan metode gelatungan di jembatan menjadi ciri khas untuk kegiatanya.

Menurut Aktivis Gurilap menjelaskan, bahwa ini kegiatan Hari Sungai ini dengan melakukan kegiatan di Sungai Cisolok dan jembatannya Paguris team dan Relawan Indonesia serta warga sekitar serta dari Dinas Lingkungan Hidup juga turut hadir dalam rangka Hari Sungai Nasional ini.

“Harapan saya masyarakat tidak buang sampah sembarangan apalagi buang sampah kesungai. Kami bekerja bareng warga bersih bersih juga sebagai edukasi yang lembut agar kita semua memahami pentingnya keberadaan sungai buat kehidupan kita semua. Tidak lupa saya ucapkan banyak terima kasih kepada aparatur desa setempat yang telah menggerakan warga sekitar banyak terjun langsung untuk bersih bersih sungai,” jelasnya sambil senyem tulus. Pada Jum’at (27/07/2019).

Hal tersebut senada disampaikan oleh Dede Kurniadi Pegiat Sosial yang rutin suka bagi bagi makan pada warga sekitar atau siapapun yang ditemukannya di jalan dan membutuhkan makanan Dede Kurniadi selalu rutin dan istikomah melakukan hal itu. Dede Kurniadi selaku Ketua Relawan Indonesia Sukabumi juga turut ikut serta dalam Hari Sungai serta bersih bersih bareng warga dan lainnya.

“Harapan saya, warga masyarakat berlaku adil terhadap lingkungan dan lebih memahami dengan kesadaran bahwa sampah yang dibuang kesungai itu akan tertumpuk dan menyebabkan air sungai tercemar juga berbau busuk. Mari kita sebagai warga yang baik dan paham akan kelestarian lingkingan sekitar sungai tidak membuang sampah ke sungai, mari buang ke tempat sampah dipilah dan dikelola supaya berkah,” Tuturnya.

Warga pun merasa senang dan terbantu dengan kegiatan para pegiat soaial ini. Karena secara tidak langsung menumbuhkan kepedulian terhadap lingkingan sekitarnya. Menurut salah satu warga sekitar yang ikut bersih bersih salah satunya Pak Ujang 40 thn.

“Kami sangat berterima kasih kepada Team Paguris dan Relawan Indonesia serta Dinas Lingkungan Hidup yang telah peduli terhadap lingkungan khususnya sungai, dengan kegiatan ini sampah disungai jembatan cisolok berkurang tidak menumpuk lagi, semoga rutin kegiatannya, terimakasih,” ucap Pak Ujang

Disamping itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melalui Pk Saepul Bidang Kebersihan dan Koordinator Angkutan Sampah yang turut serta hadir dan terjun langsung dalam kegiatan bersih bersih sungai tersebut. sangat mengapresiasi terhadap kegiatan fositive yang dilakukan oleh Paguris Team (Aktivis Gurilap) dan Relawan Indonesia Cabang Sukabumi yang diketuai oleh Dede Kurniadi.

“Saya sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan bersih-bersih sungai ini apalagi momennya pas di Hari Sungai Nasional ini. Semoga kita semua lebih peduli terhadap lingkungan sekitar kita. Saya berharap Rt /Rw serta warga sekitar bisa berperan aktif dalam menangani dan mengelola sampahnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Desa dengan BUMDESnya bisa mengadakan pengelolaan sampah warga melalui Bank Sampah, yang akan menghasilkan tabungan bagi warga setempat. Tapi yang lebih penting adalah kesadaran dari diri kita masing masing untuk menjaga dan melestarikan lingkingan agar tetap bersih dan nyaman, karena kalau bersih jauh dari sumber segala penyakit.” pungkas Pak Saepul saat dihubungi melalui Wa.

Laporan : RR

Related posts

Pentas PAI Tingkat Jabar, BUPATI” Lahirkan Generasi Bangsa Berkuwalitas Perkuat Nilai Akidah DI Era Moderensasi”

Pemerintahan Desa Kecapi Melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu

Penyaluran BLT DD Tahap II Tahun 2023 Desa Tugumulyo Berjalan Kondusif