Kades Ciwangi, Pancasila Kunci Untuk Maju

GARUT, INFODESAKU – sebuah keberhasilan tidak akan tercapai tampa adanya kerjasama, usaha yang konsisten, serius dan perencanan yang matang. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Ciwangi, Kecamatan Balubur Limbangan dalam sambutan Musawarah desa perencanaan pembangunan tahun anggaran 2020 bertempat di Gedung sarana olahraga desa. Kamis, (01/08/2019).

Lebih lanjut Kepala Desa Marpu Nandar. S, keberjasilan pembangunan desa saat ini tidak lepas dari kerja keras dan kebersamaan warga desa serta semua pihak baik itu masyarakat, lembaga desa dan pemerintah desa dalam mewujudkan Desa Ciwangi yang maju, kuat dan mandiri.

“Musdes ini saat yang tepat untuk mengungkapkan kebutuhan warga desa, terutama kebutuhan untuk meninkatkan ekonomi dan kesejahtraan masyarakat,” tegasnya.

Marpu juga mengungkapkan untuk mewujudkan desa mandiri itu harus dimulai dari satu presevsi dengan landasan pengamalan Pancasila dengan diawali keTuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusawaratan/perwakilan, keadilan sosial.

“Artinya kita awali denga meningkatkan ketakwaan terhadap Allah, beradab dalam prilaku, perkuat persodaran, selesaikan masalah dengan musyawarah agar keadilan sosial dirasakan oleh semua lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara Ketua BPD Dede Arifin menjelaskan dalam acara musdes ini selain lembaga desa, tokoh masyaralat, tokoh agama, tokoh pemuda dan perwakilan perempuan turut hadiri forum komunikasi kecamatan yang dipimpin camat, kapolsek dan danramil selain merencanakan pembangunan tahun 2020 musedes juga digunakan umtuk penyampayan realisasi pembangunan tahun sebelumnya sekaligus mengevaluasinya serta sertijab kepengurusan BPD.

“Musdes ini untuk merencanakan pembangunan tahun 2020 sesuai kebutuhan warga dimana sebelumnya dilakukan Musdus (musyawarah dusun) sebagai penyaringan usulan dari tiap RW untuk dibawa ke Musdes ini,” jelasnya.

Laporan : BHEGIN

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional