Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi Monitoring BPNT di Wilayah Kecamatan Warung Kiara

SUKABUMI, INFODESAKU – Dinas sosial dinsos Kabupaten Sukabumi melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT). Kegiatan tersebut terfokus didua Desa wilayah Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Rabu (14/08/2019) beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi Teja Rismaya mengatakan, upaya tersebut dilakukan untuk mengetahui secara detail progres dan kendala di program tersebut. Program BNPT harus diserap masyarakat penerima manfaat dan sesuai panduan.

“Monitoring dan Evaluasi program BPNT merupakan tanggung jawab kita juga Hari ini kita memastikan kondisi dilapangan secara detail bahwa tidak ada kendala kata.” Teja Rismaya kepada infodesaku.

Agen E-waroeng yang di kunjungi dalam monev kali ini salah satunya E-waroeng sebagai penyalur BPNT Desa Ubrug. Dalam kunjungannya Kadinsos Kabupaten Sukabumi menyampaikan paparan dan intruksi yang di nilai adanya kerancuan terkait progres BPNT di terima dan dikelola oleh e-waroeng.

Salah satu Agen e-waroeng Imas ketika ditemui dirinya menjelaskan, bahwa Kadinsos  meminta kepada pengelola untuk melayani pemberian beras dengan cara di liter atau di kilo secara dadakan sesuai permintaan KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

“Selanjutnya jika ada uang sisa pembelian BPNT KPM disaranakan untuk di endapkan ke rekening milik KPM itu sendiri apabila e-waroeng tidak mematuhinya maka akan mencabut ijin e-waroeng tersebut.” kata Imas.

Lebih lanjut kata Imas, tentu saja hal tersebut menjadi sangat rancu dan bertentangan dengan pedum BPNT. Jika nantinya bisa berakibat merugikan terhadap KPM itu sendiri.

“Bisa di pastikan akan banyak agen e-waroeng yang keberatan terkait intruksi dari kadinsos tersebut.” ungkap Imas

Sementara menurut keterangan dari salah satu pihak penerima KPM Nining Suningsih dirinya merasa sangat bersyukur untuk kualitas beras BPNT yang sekarang sudah bagus dan layak untuk di konsumsi. Selain itu, menurutnya intruksi yang dilakukan Kadinsos sesuai harapan para penerima manfaat program BPNT.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah atas program BPNT yang terasa besar manfaat nya ini, karena kami sebagai rakyat kecil tentu sangat terbantu, semoga program ini terus dapat kami terima dan rasakan di bulan- bulan berikutnya.” imbuhnya

Laporan : Arif Setiawan.

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya