Kecamatan Jatiuwung Buka ATM Beras Di Kelurahan Keroncong

TANGERANG, INFODESAKU -Kecamatan Jatiuwung launching ATM Beras ke masyarakat Kelurahan Keroncong tepatnya di Masjid Zami Nurul Fallah RT 01 RW 05. Pada Senin (26/08) beberapa waktu lalu.

Turut hadir dalam acara launching tersebut Ketua MUI, Baznas kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para ketua RT/ RW serta staf kelurahan.

Dalam sambutannya Camat Jati Uwung Martioso Agianto menyampaikan pemerintah kota bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) mengkordinir penerimaan penyetoran zakat sampai ketingkat DKM yang ada ditiap RW dengan harapan bisa meningkatkan kesadaran warga dalam menunaikan kewajiban mengeluarkan zakat dan mempermudah dalam penyetoran.

“Kami mengajak para warga untuk mengeluarkan zakat sebagaimana diajarkan Baginda Nabi Muhammad SAW, ” paparnya.

Camat juga mengungkapkan untuk memulainya dan sebagai conto, kami awali dari pegawai kecamatan dan pegawai kelurahan dulu dan terkumpul sekitar 600 Kg dan yang kami salurkan ke warga hanya 300 Kg karena yang 300 Kg lagi sesuai aturan dan kesepakataan dengan BAZNAS dan pemerintah Kota bahwa separuh dari apa yang kita dapat harus disetor ke Baznas.

“Dari 600kg hanya setengahnya karena yang setengahnya lagi disetor ke BAZNAS kota,” pungkasnya.

Sementara H.Ansori Selaku ketua UPZ kecamatan Jatiuwung menjelaskan untuk menghimpun zakat dari orang-orang yang sudah mampu dan disalurkan ke masyarakat yang berhak mendapatkannya (Muzaki).

“ATM beras hanya istilah untuk mendetribusikan beras yang kita himpun dari pegawai kecamatan yang PNS dan sudah jatuh kewajiban untuk melaksanakan zakat,” papanya

H.Ansori berharap kedepannya bisa melebar sayap keinstansi-instansi terkait yang ada di kecamatan baik dinas kesehatan puskesmas atau juga warga masyarakat yang sudah mampu kita akan coba datangin.

“Tidak menutup kemungkinan keperusahaan- perisahaan siapa tahu dari perusahan berkenan dan selaku muslim memberikan zakat profesi nya kepada kita,” pungkasnya.

Program UPZ baru di bentuk 2 bulan yang lalu dengan bantuan camat kita yang sangat antusias dan apresiasip sekali terhadap program dengan UPZ,BAZNAS

Laporan : WIJI LASTINI/ BR

Related posts

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik