World Cleanup Day Kabupaten Garut Dilaksanakan di Muara Sanding

GARUT, INFODESAKU – Aksi Bersih-bersih World Cleanup Day (WCD) 2019 Digelar di Berbagai belahan negara , salah satunya di Negara Indonesia seperti yang dilaksanakan Kabupaten Garut, ratusan warga dan 52 komunitas yang tergabung World Cleanup Day (WCD) melakukan gerakan memungut sampah, yang dipusatkan di kelurahan Muarasanding Kecamatan Garut Kota. Sabtu, (21/9) kemarin.

Kegiatan dibuka langsung oleh Camat Garut Kota Drs Bambang Hafid, dan dihadiri para penjabat di Pemerintahan Kabupaten Garut

Menurut leader World Cleanup Day Garut, Rama Januar World Cleanup Day ini dilaksanakan di 157 negara, kegiatan ini tidak hanya di Kabupaten Garut , bukan hanya di Indonesia tetapi diberbagai negara tujuan utama dari Word clean up day ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dan nyaman terbebas dari bahaya sampah.

“Muarasanding dipilih karena salah satu wilayah yang terdampak banjir bandang Garut, dan masih minimnya kesadaran masyarakat tentang membuang sampah pada tempatnya,” tuturnya.

Rama berharap dari WCD ini masyarakat bisa mengolah sampah sendiri minimal bisa memilah sampah untuk menekan intensitas pengeluaran sampah khususnya sampah rumah tangga.

“Melalui gerakan ini kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dapat ditingkatkan minimal bisa berkurang 20 persen yang diangkut ke TPA,” pungkasnya.

52 komunitas yang mengikuti acara tersebut diantaranya Komunitas ojek onlin, komunitas mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Islam, Organisasi Sekolah, Komunikasi Motor, dan Ormas dan Umum.

Hal senada dikatakan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten H Guriansyah keterlibatan DLH sangat erat kaitannya karena kegiatan ini menjadi starting point (titik awal) bagi kita dan semua masyarakat agar bisa memahami bahwa kebersihan lingkungan sangat penting, kami juga menghimbau kepada panitia agar mem follow up atau berkelanjutan jangan hanya sebatas seremonial saja.

“Kami berharap kegitan ini menjadi pilot project dan menular kedaerah lain dan menumbuhkan kembangkan semangat masyarakat dalam meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat bahwa lingkungan itu harus kita perhatikan,” ungkapnya.

Selain di Kelurahan Muarasanding World clean up day juga di laksanakan dibeberapa titik di Kabupaten Garut salah salahsatunya di Pantai Karang Paranje Kecamatan Cibalong.

Laporan : OKI/ SURADI

Related posts

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Launching RW Bersih Narkoba Satu-satunya se-Jawa Barat

Iwan Setiawan Mengikuti Arahan Presiden Jokowi Pada Rakornas Pengawasan Intern 2023

Tumpukan Sampah Mulai Diangkut, Warga Desa Bojonggede Merasa Lega