Desa Cijengkol Gelar Pemelihan BPD Dengan Sistem Digital

SUKABUMI, INFODESAKU – Desa Cijengkol Kecamatan Caringin dinobatkan sebagai Desa Digital oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami beberapa waktu lalu kini melakukan inovasi baru dengan melakukan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) melalui e-voting di aula desa. Kamis, (19/9) beberapa waktu lalu.

Ketua Kelompok Informasi Masyarakat Cijengkol Bersatu Fery Sanjaya menjelaskan pelaksanaan sistem voting ini dilakukan dengan sistem digital dimana pihak penyelenggara menyediakan satu buah smart phone dalam setiap bilik sebagai pengganti surat suara, hasil dari e-voting bisa langsung didapat setelah hasil penghitungan suara selesai, Ini bukan quick count tapi ini real count dimana masyarakat bisa langsung menyaksikan siapa yang mendapatkan suara terbanyak tanpa harus menunggu penghitungan surat suara, ini kan sistem otomatis, jadi setiap orang yang memberikan suaranya otomastis langsung keinput dan hasilnya bisa langsung dilihat bersama-sama secara terbuka oleh masyarakat.

“Data dan identitas pemilih dijamin kerahasiahanya artinya tidak diketahui oleh pihak lain,” jelasnya.

Ditempat yang sama Kepala Seksi Inprastruktur Jaringan Dinas Komunikasi Informatika Persandian Kabupaten Yusep mengungkapkan Desa Cijengkol menjadi pilot project untuk pelaksanaan sistem digital dan menjadi binaan Dinas Kominfo Kabupaten.

“Penerapan SPBE tingkat Desa, Alhamdulillah hasilnya luar biasa karena Cijengkol memiliki potensi anak muda yang menguasai IT dan bisa diajak berkolaborasi untuk membangun sistem digital,” ungkapnya.

Yusep berharap, kedepan pemilihan RT, RW, BPD dan Kepala Desa akan menggunakan sistem digital, dimana saat ini Kominfo sedang mempersiapkan sistem jaringannya sehingga tidak ada lagi area yang blank spot.

“Semoga bisa segera terwujud untuk seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi,” harpnya.

Hasil dari e-voting Reka Mawarni Sofa terpilih menjadi Ketua BPD dari perwakilan perempuan untuk priode 2019-2025 dengan perolehan suara 40,82 % mengalahkan kandidat lain.

Ditempat yang sama ketua panitia pemilihan BPD Mohammad Zakariya Ansori mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah memberikan suaranya pada pemilihan anggota BPD.

“Ini kali pertamanya pemilihan anggota BPD dengan sistim digital, semoga anggota BPD yang sudah terpilih bisa bekerja sesuai tupoksi dan bisa bersinergi dengan pemerintahan desa untuk sama-sama mendorong pembangunan kearah yang lebih baik.” pungkasnya.

Laporan : Kf/ BEN

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional