Antar Paguron Dan Komunitas Pecinta Seni Budaya Meriahkan Milad Ke 1 Paguron Mustika Putra Pasundan

SUKABUMI, INFODESAKU – Pentas Seni Budaya Ajang Rindu Antar Paguron & Komunitas Seni Budaya. Dalam rangka milangkala 1 (Ulang Tahun) yang pertama Paguron seni budaya Mustika Pasundan mengadakan pentas seni budaya sunda seperti tari jaipong, pencak silat, lisung, usik buhun, debus, calung dan juga menyelipkan santunan anak yatim di Palagan Bojongkokosan Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Sabtu (5/10/19) kemarin.

“Acara inipun tak luput dari dukungan para pecinta seni budaya sunda dari 80 paguron dan 23 komunitas dari berbagai wilayah di Jawa Barat,” Papar Budi Arya selaku panitia sekaligus pembina dari Paguron Mustika Pasundan.

Lebih lanjut, Seperti contohnya barudak cisarua (barucis) dari Desa Cipetey Kecamatan Kabandungan, lingkung seni Mekarjaya, Paguron Mustika Putra Pasundan Parungkuda, paguyuban Simpay Sawargi, dan Gondang Lisung dari Cikidang dan banyak lagi yang lain nya yang turut menampilkan kebolehan nya diatas pentas.

“Harapan saya seni budaya ini dapat diteruskan oleh generasi selajutnya, dan pemerintah daerah segera membuat perda agar ada kejelasan hukum nya dan tidak simpang siur barulah membentuk dewan kebudayaan,” Terang Budi Awak media.

Sementaraenurut Abah Ruskawan, Dosen sekaligus pemerhati seni dan budaya, pentas seni budaya ini menjadi moment spesial karena bertepatan dengan Hari ulang tahun TNI yang ke-74 dan semoga bukan yang pertama dan terakhir akan tetapi dapat terus berlanjut dari tahun ke tahun dan juga dapat menjadi contoh untuk daerah lainnya.

“Dan harapan saya pentas seni budaya ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan kedepan nya dapat menjadi destinasi wisata untuk Sukabumi,” Pungkasnya.

Laporan : Dev/ BA

Related posts

Festival Panen Hasil Belajar Sekolah Penggerak SDN 01 Trans Batumarta VII

Hari Lahir Pancasila, Warga Desa Tajimalela Tersenyum Lebar

Pastikan Pembagian Bantuan Beras Berjalan Lancar, Petugas Lakukan Monitoring