Pemdes Sukamaju Realisasikan Program P3A

SUKABUMI, INFODESAKU – Pemerintah Desa Sukamaju realisasikan Program P3A kegiatan tersebut dibiayai dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) yang di peruntukan bagi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) yang berada di Desa Sukamaju Kecamatan Cimanggu sudah terlealisasikan dengan baik walau baru tahapan 84 persen.

Para petani diwilayah Sukabumi selatan Pajampangan yang tergabung dalam beberapa kelompok P3A yang saat ini tengah melakukan pekerjaan irigasi terutama daerah irigasi di Cisereuh dengan panjang 600 meter terealisasikan, untuk pengerjaan dengan luas 535 meter tinggi 90 cm dan lebar 30 cm anggaran 198800000 seratus sebilan puluh delapan juta delapan ratus ribu rupiah berlokasi di Kampung Cisereuh, Desa Sukamaju Kecamatan Cimanggu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

“Program P3A – TGAI dengan tujuan menyediakan air bagi kawasan melalui pemeliharaan rehabilitas dan peningkatan jaringan irigasi kecil,” kata ketua P3A Bulhin saat di temui Infodesa,Minggu(20-/10/2019)

P3A murni yang dikelola oleh secara swakelola untuk pembuatan jaringan irigasi di Cisereh yang awalnya dibuat saluran dengan cara swadaya masyarakat bergotong- royong karena kebutuhan bagi para petani.

“Untuk menunjang mengairi area pesawahan yang ada diwilayah Cisereh maka masyarakat berinisiatif melakukan swadaya pekerjaan dengan cara bergotong royong bikin saluran irigasi di daerah Cisereh,” terang Bulhin

Lebih lanjut kata Bulhin, Karena diperlukan perbaikan ditahun 2019 ini dengan adanya program P3A – TGAI. maka masyarakat mengajukan permohonan bantuan perbaikan jaringan irigasi melalui. Balai Besar Wilayah Sungai Citarum. (BBWS) dan direalisasi dengan mendapatkan bantuam dari kementrian (PUPR) dengan sumber anggaran dana APBN tahun 2019. Anggaran tersebut langsung di alokasikan untuk pekerjaan pembangunan perbaikan jaringan seluruh irigasi di Cisereh pelaksanaan pekerjaanpun di lakukan secara swakelola oleh kelompok P3A murni dengan memberdayakan warga masyarakat setempat program ini dengan memberikan banyak manfaat langsung khususnya terhadap para petani di wilayah Dusun Cipanengah. Blok Cisereh umumnya para petani Desa Sukamaju dari masyarakat semuanya.

“Program (P3A – TGAI) ini dilaksanakan secara swakelola tujuannya untuk memberdayakan sumber daya manusia dan meningkatkan tarap perekonomian para petani supaya mempunyai hasil maksimal bisa meningkatkan produktipitas hasil pertanian yang baik sesuai harapan para petani dengan tidak ada kendala seperti halnya kekurangan air, khususnya yang ada diwilayah itu sendiri.” pungkasnya.

Laporan : Rusdiana

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove