Pemdes Babulang Louncing Trail Rabat Beton di Dusun IV Cugur

LAMSEL, INFODESAKU – Pemerintah Desa (Pemdes) Babulang Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan gelar Louncing Trail Betonisasi jalan desa yang merupakan jalan menuju pertanian, perkebunan, dan juga jalan tembus ke Desa Padan, Rawi Kecamatan Penengahan. Senin, (4/11/2019).

Pembangunan jalan Rabat Beton tersebut terletak di Dusun IV Cugur dengan Volume 400 M X 3M X 0.15 M, dengan total anggaran sebesar Rp. 326.039.000,- serta Pembangunan Talud dengan Volume 400M X 0.5 M X 0.30 Meter dengan anggaran sebesar Rp. 112.073.000,- merupakan realisasi Dana Desa Tahun Anggaran 2019, Desa Babulang Kecamatan Kalianda.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Kalianda Zaidan SE, Bhabinsa Serda Jumari, Bhabinkamtibmas Brigpol. Fahmi Nurjaya Uptd. PU Kalianda Munadi.ST, Pedamping Desa Riyan.R, Ketua Bpd Desa Babulang Nura’in Abas, selaku narasumber fasilitasi khusus Rabat Beton K 225. Selaku penyelenggara Pemerintah yakni Pemdes Kepala Desa Babulang Iskandar beserta aparatur desa setempat.

Ketua Badan Pemerintahan Desa ( BPD) Desa Babulang Nur’ain Abas, mengatakan, Pengerjaan Betonisasi di Dusun IV ini untuk tenaga kerjanya melibatkan warga terdekat lokasi kegiatan,” katanya.

Menurut Kepala Desa Babulang Iskandar, saat di lokasi kegiatan, Kami laksanakan kegiatan terkait pembangunan jalan Rabat Beton ini sangat menguatkan kualitas, karena apabila tidak akan berimbas kepada kami khususnya kepada dirinya.

“Ini merupakan realisasi Dana Desa ( DD) pada Tahap II, Anggaran Pendapatan Belanja Desa (Apbdes) 2019 Desa Babulang, dengan tujuan mempermudah warga sekitar untuk membawa hasil pertanian dan perkebunan. Dan saya berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Lamsel untuk dapat neneruskan dan membantu kami terkait jalan ini yang baru kami lakukan betonisasi sepanjang 400 M, dengan panjang jalan keselurahan 1 Kilo Meter lebih,” Ungkapnya.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (Upt) Penguji Konstruksi Bangunan (PKB) Kalianda, Munadi. ST, menyampaikan, Dalam pengerjaan trail Betonisasi tersebut harus memperhatikan apa yang di arahkan Tim Tekhnis. Berkaitan dengan komposisi adukan yakni 1,2,3.

“Untuk adukannya 1,2,3 tersebut yakni, (Satu Sak Semen Dua Kotak Pasir dan Tiga Kotak Batu Kerikil (Seplit) yang di sesuaikan dengan dimensi kotak tersebut. Sehingga mutu dan Kualitas Betonisasi dapat tercapai. Acuan mutu kwalitas ini, jangan hanya di kegiatan Serimonial saja, akan tetapi harus di terapkan di kegiatan lainnya.” Pungkasnya.

Laporan : irgi/ R.YS

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove