ATM Beras Desa Dunguswiru Pertama di Garut

GARUT, INFODESAKU – Seiring dengan kemajuan teknologi kini ATM bukan hanya untuk penarikan uang tunai saja berkat inovasi yang dikembangkan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, kini beras pun bisa diambil melalui ATM. Kamis, (14/11) lalu.

Saat penyerahan mesin ATM beras di Desa Dunguswiru Kecamatan Balubur Limbangan, Kepala Bidang Ketersediaan Pangan dan Distribusi Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat Drs. Rusiyandi menjelaskan mesin ATM ini merupakan alat untuk mempermudah pembagian beras terhadap keluarga penerima manfaat dimana ATM beras ini selama dua tahun terakhir baru delapan unit yang disalurkan didelapan kabupaten salah satunya di Kabupaten Garut tepatnya Desa Dunguswiru.

“ATM beras ini merupakan bantuan dari Pemprov untuk keluarga yang kurang mampu diluar penerima BPNT,” jelasnya.

Rusiyandi menambahkan bahwa desa yang menerima hibah ATM beras ini adalah desa yang berprestasi dan berkomitmen untuk melajutkan pengisian beras selanjutnya karena Pemprov hanya membantu selama dua bulan saja denga jumlah beras yang diterima sebayak 16 liter/ bulan/ keluarga.

“Semoga ATM beras ini diadopsi oleh pemerintah pusat sehingga satu desa satu ATM beras,” harapnya.

Sementara Kepala Desa Dadang Kusnadi mengungkapkan satu berkah desanya bisa mendapatkan ATM beras dan bisa membantu 45 keluarga kurang mampu yang tidak mendapatkan program PKH dan BPNT, karena subsidi beras dari Pemprov hanya dua bulan saja maka untuk kedepannya agar bantuan terhadap mereka berkelanjutan pihaknya akan berbagi tugas dengan ZIS desa, agar berkelanjutan kami akan berkoordinasi dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat desa dimana nantinya ada kesepakatan penunjukkan kelembagaan khusus desa dalam pengelolaan ZIS desa.

“Nanti kelembagaan ini dapat dimaksimalkan oleh pengelolan zakat, infak dan sedekah dengan diawali dari penarikan zakat, infak dan sedekah dari MUI desa, pemerintah desa, lembaga desa dan individu yang sudah wajib,” ungkapnya.

Dadang juga berkomitmen dan memastikan ATM beras ini terisi terus.

Laporan : BHEGIN

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau