Musrembangdes Desa Cihaurkuning Dibuka Dengan Lengser dan Pencaksilat

GARUT, INFODESAKU – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembangdes) tahun anggaran 2020 Desa Cihaurkuning Kecamatan Malangbong membahas dan menetapkan rencana kerja pemerintah desa tahun 2020 yang mengacu kepada Permendesa No 17 Tahun 2019 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, acara tersebut dimulai dengan suguhan lengser dan pencak silat untuk menyambut Muspika dan tamu undangan lainnya diaula desa. Rabu (27/11).

Hadir dalam acara tersebut Sekmat Kecamatan Malangbong Asep Mulyana, Danramil 1106 Kapt. Inf. Ade Army Barkah beserta jajarannya, Kapolsek IPTU. Abusono SH beserta jajarannya, TA Kordinator Kecamatan Malangbong Amat Rahmat, TA San san, PLD Totoh A.F, Pendamping Lokal Desa cihaurkuning Jajang Sahidin, Lembaga Kemasyarakatan Desa, BPD, LPM, Kader Yandu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan LSM – LPKSM Cakrabuana.

Camat Malangbong yang diwakili Sekretaris Camat Asep Mulyana dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini sangat fundamental sekali dimana perencanaan pembangunan yang ada didesa ini sangat penting sekali karena harus memperhatikan aspek politik yang berkaitan dengan janji politik kepala desa.

“Pandangan teknokrat, bottom up usulan dari bawah dan top to down dari atas kebawah dan bila mana ada keluhan yang belum diaksankan sebaiknya dilaporkan kepihak BPD karena lembaga itu yang berwenang dalam mengingatkan Kepala Desa,” paparnya.

Danramil dan Kapolsek pun turut memberikan sambutan yang intinya memberikan apresiasi karena sebelum Musrenbangdes ini telah melalui tahapan tahapan sebelumnya yakni Musdus dan alhamdulillah pihak kepala desa telah melaksanakan dengan baik dan selalu kordinasi dengan Polsek Koramil maupun dengan Kecamatan dan juga dengan instansi terkait.

Kepala Desa Syarif Rahmat saat diwawancara menjelaskan semua pembangunan yang dilaksanakan diwilayahnya sudah sesuai dengan apa yang didambakan oleh masyarakat, itu hasil kesepakatan dari semua unsur dan melalui tahapan.

“Dengan musyawarah mufakat maka masyarakat tahu dana yang terserap sudah sesuai dengan hasil Musrenbangdes,” jelasnya.

Kades juga berharap kedepannya pelayanan dan pembangunan jauh lebih baik lagi karena ingin memberikan yang terbaik bagi warga desa.

“Semoga warga desa senantiasa membantu dan menyaksikan jalanya pembangunan agar bisa menyampaikan kepada masyarakat lain bahwa pembangunan sudaj sesuai dengan data yang valid,” pungkasnya.

Acara dibuka dengan kesenian yang ada di Desa Cihaurkuning berupa Lengser dan Pencak Silat disamping dengan tujuan untuk melestarikan seni dan budaya tradisional sekaligus mengajak masyarakat agar turut menyaksikan Musrembangdes dan dilanjutkan dengan Musyawarah Desa yang isinya untuk menentukan skala prioritas.

Laporan : RIYADI

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau