BUMDes Hasta Krida Diresmikan

SIDOARJO, INFODESAKU – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Hasta Krida yang dikelola oleh Pemerintah Desa Jedong Cangkring, Kecamatan Prambon diresmikan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, Rabu (11/12/) lalu

BUMDes Hasta Krida yang berlokasi di jalan Waringin, Jedong Cangkring tersebut berupa 10 unit bangunan Kios atau toko kelontong. Nantinya setelah diresmikan akan disewakan kepada pedagang, terutama masyarakat sekitar.

Berdiri diatas Tanah Kas Desa (TKD) dengan luas lahan 1600 M2, BUMDes Hasta Krida harapannya akan menambah pendapatan asli desa. Rencananya tiap kios disewakan kepada pedagang dengan harga 7 juta pertahun. Sedangkan halaman depan akan dimanfaatkan untuk Pujasera.

Bupati Saiful Ilah membuka kesempatan kepada masyarakat Jedong Cangkring yang ingin mengembangkan usahanya bisa mengajukan pinjaman ke Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sidoarjo.

Dengan pinjaman dana bergulir senilai 5 juta rupiah tanpa agunan. Selain itu, bunga yang diberikan juga relatif ringan, hanya 6 persen selama setahun.

“Dinas Koperasi dan UKM Sidoarjo melayani pinjaman dengan bunga ringan dan tanpa agunan untuk pengembangan usaha kecil menengah”, ujarnya.

Desa adalah penggerak ekonomi, tambah Saiful Ilah, pendirian BUMDes tujuannya menunjang pendapatan ekonomi masyarakat desa. Bila setiap desa memiliki BUMDes maka akan sangat membantu pembangunan desa dan masyarakatnya ikut sejahtera.

“Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting bagi keberlangsungan usaha. Termasuk mendirikan dan mengelola BUMDes”, pungkas Saiful Ilah. (edw)

 

Laporan : Edy Wienarno

 

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan