Pemdes Cisitu, 1000 Pohon Cengkeh Untuk Sejuta Kebaikan

GARUT, INFODESAKU – Dalam rangka pemberdayaan masyarakat yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2019 Pemerintah Desa Cisitu melaksanakan kegiatan penanaman pohon Cengkeh di Buper Manuk Mandi sebanyak 1000 pohon, dengan tujuan untuk mendapatkan PADes dan kesejahteraan masyarakat Desa Cisitu, Kamis (26/12).

Hadir dalam acara penanaman bibit pohon cengkeh tersebut, Babinsa Desa Cisitu Serda Sunaryo, Babinmas Aipda Suratmin, perwakilan dari Pramuka Sakawira Kecamatan Malangbong 4 orang, Komunitas Duraxs dibawah naungan Kadus 3 Yogi Nugraha 20 orang dan perwakilam dari pwrangkat Desa Cisitu.

Yogi Nugraha selaku ketua Duraxs menjelaskan, Duraxs ini artinya duduk dan bergerak jadi segala sesuatunya harus di bicarakan dahulu lewat musyawarah baru bergerak, Kamunitas kami itu senang berada di alam dan ketika ada program dari Pemdes Cisitu dalam penanaman pohon cengkeh ini.

“Kami sangat menyambut baik kedepan insya allah kita akan hidup dari hasilnya karena dengan menjaga alam maka alampun akan menjaga kita saat itu ditemani oleh anggotanya Deden yang turut mengamini,” ujarnya.

Deden pun turut menambahkan kepada Infodesaku, nantinya kita akan membuat taman buah dengan maksud membuat wisata edukasi, dan cengkeh ini sebagai modal awal sebagai pembuka menuju kearah itu.

“Kita hanya ingin memgajak dan menanam alhamdulilah kepala desa kami sangat merespon baik,” jelasnya.

Saiful Malik selaku Kepala Desa Cisitu menuturkan kepada Infodesaku perihal kegiatan tersebut, kegiatan ini menindak lanjuti dari hasil musyawarah tingkat dusun di bawa ke tingkat desa yang di sepakati oleh BPD.

“Inilah bentuk implementasi dari hasil musyawarah itu yaitu pembinaan kelompok tani dengan pembeliam bibit cengkeh sebanyak 1000 pohon untuk ditanami di lahan carik di area Manuk Mandi ini,” tuturnya.

Lanjut Saiful, Memberdayakan kelompok tani dan bagian kelompok tani yang bernama Duraxs juga lembaga-lembaga lainnya yang ada di Desa Cisitu yang nantinya mereka yang akan merawat pohon cengkeh ini, perlu diketahui tanah carik di Manuk Mandi ini belum bisa mendapatkan PADes karena memang belum digarap secara serius, dengan adanya komunitas Duraxs kita bisa berkolaborasi untuk menghidupkan kembali kejayaan Bumi Perkemahan Manuk Mandi yang nantinya akan di jadikan Wisata Edukasi.

“Saya berharap dengan adanya program ini selain masyarakat Desa Cisitu kedepannya tidak ada lagi yang akan menunggak pajak karena nantinya Pemdes Cisitu akan memberikan 5 bibit pohon untuk di kelola sehingga akan meningkatkan perekonomiannya.” pungkasnya.

Laporan : RIYADI

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove