Iyos Somantri : IPSI Akan Berkolaborasi dengan Ekstrakurikuler SD dan SMP Guna Pencak Silat Mendunia

SUKABUMI, INFODESAKU – Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri memimpin rapat pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) diruang rapat DPKUKM Cibolang. Jumat, (10/01).

Menurut Iyos, pencak silat merupakan budaya sunda yang harus terus di pertahankan dan dilestarikan

“Saya atas nama pemerintah daerah merasa bangga, karena peran dan eksistensi IPSI sudah diakui oleh UNESCO. Maka harus mempertahankan dan meningkatkan prestasi tersebut secara berkelanjutan,” ujarnya.

Selain itu, H. Iyos Somantri dirinya menambahkan bahwa IPSI kiprahnya harus semakin diterima oleh semua kalangan masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengamalkan dan menerapkan filosofis pencak silat dalam kesehariannya, terkait dengan program IPSI kedepan dalam memberikan pelatihan dan mengadakan pertandingan secara berkala sehingga disetiap Kecamatan dapat menghasilkan atlet-atlet pencak silat yang profesional.

Agenda Kedepannya, IPSI akan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dalam Ekstrakurikuler SD dan SMP, jadi kedepannya pencak silat akan menjadi ekstrakurikuler tambahan SD dan SMP, Untuk itu kita akan bekerjasama dengan Disdik, baik itu pelatih, wasit dan lain sebagainya sehingga dapat berkolaborasi dengan guru-guru yang ada di sekolah.

“Diharapkan Pencak Silat harus terus mendunia, sehingga menjadi olahraga populer dan diminati masyarakat luas dan mengharumkan bangsa dan negara.” pungkasnya.

Laporan : BA/Fauzi

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional