Verifikasi Kampung PHBS Tingkat Nasional di Kelurahan Gandasari

KOTA TANGERANG, INFODESAKU – Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung kedatangan TP PKK Provinsi Banten yang merupakan Tim Verifikasi Kampung PHBS (Pola hidup bersih dan sehat) di RW. 06 yang merupakan wakil Porvinsi Banten dalam lomba PHBS Tingkat Nasional. Rabu, (29/01) lalu.

Kegiatan Verifikasi Kampung PHBS Tingkat Nasional tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Dr .Tine Al Muktabar, Mkes, Tim, Ketua TP PKK Kota Hj Ani Suci R Arief Wimansyah, Kepala Dinas DP3AP2KB Heriyanto, Ketua TP PKK Kecamatan Yunita Agianto, TP PKK Kelurahan, Camat Drs. Martioso Agianto dan para Lurah.

Dr Tine Al Muktabar, Mkes dalam sambutannya menyampaikan, dirinya sangat mengapresiasi sekali keadaan Kampung KB di Kota Tangerang yang luar biasa karena sudah memenuhi indikator Program PHBS, meskipun sebelumnya ada catatan kecil yang harus diperbaiki, diantaranya tentang penyediaan air bersih.

” Sesudah dilakukan cek dibeberapa kran, hasilnya air sudah bersih, artinya tidak berasa, tidak berwarna dan tidak berbau, semoga hal itu menjadi gambaran keadaan yang sesungguhnya dari seluruh rumah yang ada di Kelurahan Gandasari,” ucapnya.

Dr.Tine menyarankan agar kampung yang ada di Kelurahan Jatiuwung melakukan inovasi dengan mengoptimalkan pemamfaatan SDM dan SDA yang ada, seperti program edu ekowisata yang mengelola sanitasi lingkungan yang berbasis pengelolaan sampah dapur menjadi kompos yang di manfaatkan untuk argo bisnis.

” Salah satu parameter sehat itu adalah bagaimana pengolahan sampah, penyediaan air bersih dan pengelolaan kotoran,” pungkasnya.

Ditempat sama ketua TP PKK Hj Ani Suci R Arief Wimansyah, mengungkapkan usaha Lurah, Camat dan warga sudah begitu maksimal dan warganya pun sudah sangat antusias menjalankan PHBS, selama ini mereka sudah merasa membutuhkan pola hidup bersih dan sehat, hal itu sesuai dengan apa yang kami inginkan, tinggal ditingkatkan lagi menjadi PHBS yang unggulan.

” Insya alloh PHBS Kelurahan Jatiuwung akan kita prioritaskan jika masuk dalam lomba Nasional,” imbuh Hj Ani Suci R Wimansyah.

Lurah Gandasari Edhy S.Sos mengucapkan rasa erima kasihnya kepada semua elemen masyarakat yang sudah bekerja mewujudkan kampung PHBS, selain itu Edhy juga menyebutkan dengan hadirnya Sekda Provinsi dan Wali Kota, itu membuktikan warganya kompak dan banyak inovasi yang sudah dilakukan masyarakat.

” Untuk pengembangan kedepannya kita akan membuat tempat bermain anak dan terus berinovasi untuk lingkungan bersih dan hidup sehat, apalagi sebentar lagi mau masuk lomba tingkat Nasional, jadi harus lebih ditingkatkan lagi,” pungkasnya.

 

Laporan : MARWANTO/ WIJI LASTINI

Related posts

11 Inovasi Yang Sukses Jadikan Desa Sukamaju Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

Inovasi Salam Besti Signifikan Turunkan Angka Stunting, Desa Sukamaju Sukses Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jabar 2023

Inovasi “Mata Dewa” Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Wujudkan Data Desa Presisi