Bangun Gedung Bagi UMKM Jadi Target Kades Cilebut Timur

BOGOR, INFODESAKU – Berbagai gagasan dan ide muncul menjadi program kerja Kepala Desa Cilebut Timur yang baru dilantik beberapa waktu lalu, diantaranya pengelolaan sampah terpadu, pengelolaan bumdes secara profesional, penyediaan fasilitas bagi dunia usaha yang ada di Cilebut Timur, pemberdayaan karang taruna, dan masih banyak lagi program yang digagas oleh Muhtar Kelana selaku Kepala Desa Cilebut Timur Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

Berupaya untuk membawa Desa Cilebut Timur menjadi lebih maju lagi, Muhtar Kelana bertekad untuk mewujudkan keinginannya dengan mengalokasikan anggaran desa untuk pembangunan infrastruktur sebagai pendukung semua program yang digagasnya.

Salah satu yang menjadi targetnya adalah akan membangun gedung sebagai pusat gerai UMKM yang diperuntukan bagi warga Cilebut Timur yang mempunyai usaha, nantinya gedung ini akan menjadi pusat jual beli usaha warga desa, menjadi pasar desanya Cilebut Timur.

” Melihat potensi warga cilebut timur yang mempunyai berbagai macam bidang usaha, saya berkeinginan untuk memfasilitasi hasil usaha meraka dengan menampungnya disatu tempat yang dijadikan sebagai gerai atau galeri usaha warga, dimana semua kegiatan ekonomi warga ada disini nantinya,” jelas Muhtar Kelana.

” Langkah awal di tahun 2020 ini akan kita sosialisasikan dan berikan pelatihan kepada warga yang mempunyai usaha, untuk selanjutnya ditahun depan kita akan siapkan sarananya dengan membangun gedung UMKM sebagai pusat kegiatan ekonomi warga cilebut timur, seperti layaknya pasar desa,” lanjutnya bersemangat.

Untuk penanggulangan sampah di Desa Cilebut Timur, kades muda ini akan akan mengelolanya secara profesional dengan menggandeng beberapa akademisi sebagai mitra pengelolaan sampah secara terpadu, salah satu langkah awalnya dengan mengangkut sampah dibelakang kantor desa yang rencananya akan dibangun bank sampah sebagai pusat pengelolaan sampah terpadu.

“Langkah awal pemdes dalam mengelola sampah kita buktikan dengan membersihkan sampah tak jauh dari kantor desa yang rencananya akan kita bangun bank sampah sebagai pusat pengelolaan sampah, kita akan bekerjasama dengan tenaga profesional dan beberapa akademisi yang ada didesa cilebut timur.” tutur Muhtar Kelana.

Laporan : AJH

Related posts

11 Inovasi Yang Sukses Jadikan Desa Sukamaju Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

Inovasi Salam Besti Signifikan Turunkan Angka Stunting, Desa Sukamaju Sukses Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jabar 2023

Inovasi “Mata Dewa” Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Wujudkan Data Desa Presisi