Camat Caringin, Dra. Euis Ratna Komala : Berharap Anggaran RKPD 2021 Dapat Meningkatkan Ekonomi, Pariwisata dan Pembangunan

BOGOR, INFODESAKU – Pemerintah Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perencanaan Daerah (RKPD) Untuk Tahun 2021, acara digelar di Gedung Balai Sidang Kinasih Resort. Acara dihadiri berbagai kalangan lapisan masyarakat SKPD, Forkopimcam, Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa, Perangkat Desa, OKP, Karang Taruna, BPD, Praktisi Pendidikan, Kesehatan, Kepala KUA Kecamatan Caringin, Kapolsek Caringin, Danramil dan Unsur Bapedda Litbang Kabupaten Bogor. Rabu, (05/02) lalu.

Berdasarkan pantauan media pelaksanaan Musrenbang berjalan lancar dan tertib, kegiatan musrenbang yang bertujuan menyampaikan, mendengarkan usulan warga guna meningkatkan ekonomi dan pembangunan diwilayah. Mengamati kegiatan tersebut untuk anggaran ditahun 2021 Pemerintah Kecamatan Caringin yang telah disepakati usulan kegiatan prioritas yang menjadi kewenangan Perangkat Daerah sebanyak 45 kegiatan, dengan total usulan anggaran sebesar Rp. 14.853.390.000 (Empat Belas Milyar Delapan Ratus Lima Puluh Tiga Juta Tiga Ratus Sembilan Puluh Ribu Rupiah), adapun yang telah disepakati usulan kegiatan prioritas yang menjadi kewenangan desa sebanyak 10 kegiatan dengan total usulan anggaran sebesar Rp. 10.000.000.000, (Sepuluh Milyar).

Berbagi program disinggung oleh kepala desa salahsatunya program satu desa satu milyar bantuan dana atau kebijakan dari Bupati kabupaten Bogor, dan Bantuan Relokasi (Banrel) Desa lemah duhur, Kepala Desa Lemahduhur Ujang Najmudin dirinya menyampaikan dan mengkoreksi anggaran Banrel tahun anggaran 2019 yang belum terealisasi dirinya berharap dapat dilaksanakan ditahun 2020.

Usulan-usulan program ditahun 2021 dananya hingga mencapai kurang lebih Delapan Puluh Milyar, sementara pagu anggaran tidak mencapai, disampaikan oleh sekcam kecamatan Caringin, Drs. Yayan Hendaryana, M.Si. menurutnya usulan warga program kegiatan yang belum masuk di kegiatan prioritas RKPD 2021 dikarenakan terbatasnya anggaran, Maka kami akan disampaikan dan diusulkan di Musrenbang Daerah Tingkat Kabupaten terlebih dahulu.

Endik Supiyani, SP, M, Si Unsur Bappeda Litbang Kabupaten bogor dirinya pada kesempatan tersebut menyampaikan tekhnis realisasi anggaran satu desa satu milyar kebijakan bupati bogor yang diperuntukan diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur. Dan waktu pelaporan usulan menggunkan simral batas waktu akhir tanggal 19 pukul 23:59 WIB. Dirinyapun menyinggung kepada desa untuk penganggaran dana program stunting.

Dalam sambutannya Bupati Bogor yang dibacakan oleh Camat Caringin, Hj. Ade Munawaroh Yasin dirinya berpesan dan berharap, “Pada musrenbang ini mari kita rumuskan apa yang memang harus diprioritaskan karena memenuhi semua kebutuhan yang ada, dan sesuatu hal belum terpikirkan mengingat kemampuan daerah yang relatif terbatas.

“Saya harapkan seluruh masyarakat dapat memahami bahwa pemerintah kabupaten bogor tetap berusaha untuk membangun secara optimal bergerak cepat dan tanggap terhadap kondisi dan dengan harapan agar masyarakat semakin cerdas, sehat, membangun dan berkeadaban sebagaimana selogan Pancakarsa Tegar Beriman,” ungkapnya.

Camat Caringin, Dra. Euis Ratna Komala saat diwawancara dirinya berharap tentunya musrenbang ini dapat menghasilkan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan perekenomian, pariwisata dan pembangunan diwilayah Kecamatan Caringin dan bersama-sama mengantisipasi bencana.

“Harapan saya tentunya musrebang ini semoga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, meningkatnya sektor pariwisata, pelayanan kepada publik jauh lebih meningkat, dan pembangunan diwilayah Caringin berkembang dari tahun sebelumnya sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya, serta dapat mengantisipasi kejadian bencana yang dimungkinkan sewaktu-waktu terjadi disekitar kita.” pungkasnya.

Laporan : Fauzi

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya