Pemda Subang Bersama 300 Peserta, Lepas 34 ODGJ Berat, Untuk Rawat di RSMM.

SUBANG, INFODESAKU – Kerumunan warga dan kendaraan Kabupaten Subang tumpah ruah, memadati halaman Dinas Kesehatan Kab. Subang yang terletak di Jl. Letjen Suprapto No.103 Subang Jawa Barat, guna mengikuti gelaran akbar yang belum pernah dilakukan di Kab. Subang sebelumnya, yaitu Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ Berat secara masal Se-Kab. Subang, guna mewujudkan Kab. Subang Bebas ODGJ dan Pasung Tahun 2020, yang di laksanakan pada Hari Kamis, Tgl.27 Februari 2020, Pkl.08.30 WIB. s.d selesai.

300 peserta yang terdiri dari Pejabat Pemda Kab. Subang, Jajaran Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Disdukcapil, Satpol PP, BPJS Kesehatan, Polres, Kodim, Ormas, Yayasan Sosial, LSM, Puskesmas, Kecamatan, Desa, TKSK, PSM, Relawan, Keluarga ODGJ, ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dan Petugas RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor, bersama sama berkumpul untuk memberikan Pelayanan Kesehatan Jiwa bagi masyarakat Kab. Subang, yang termasuk dalam katagori keluarga miskin, yang menderita gangguan jiwa berat, yang membutuhkan rujukan pelayanan rawat inap di RSMM, yang di ajukan oleh masing-masing puskesmas melalui Dinkes dan Dinsos Kab. Subang.

dr.H. Syamsuryza, sebagai Sekertaris Dinas Kesehatan Kab. Subang, menyampaikan bahwa, terdapat 2230 ODGJ yang terdata di Dinkes Kab. Subang, dengan 1629 ODGJ yang sudah mendapatkan pelayanan, yang kesemuanya tersebar di 30 kecamatan, 253 desa dengan 40 puskesmas se-Kab. Subang.
Beliau mengucapkan terimakasihnya kepada Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat RSMM yang telah membantu memfasilitasi penanganan ODGJ berat di Kab. Subang.

Drs. Aminudin, M.Si, sebagai Sekertaris Daerah Kab. Subang, membuka secara resmi kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ Berat Masal Se-Kab. Subang, dan mengucapkan terimakasih kepada RSMM atas kerja sama pelayanan kesehatan jiwa untuk masyarakat Kab. Subang.

Ikrar Komitmen bersama untuk Pelayanan Kesehatan Jiwa Se-Kab. Subang, di ucapkan bersama oleh sekitar 300 peserta dan undangan yang hadir, yang di pandu oleh Iyep Yudiana, SKM. MKM. Direktur Utama RSMM yaitu dr. Bambang Eko Sunaryanto, SpKJ. MARS., berterimakasih kepada Pemerintah Kab. Subang, yang telah bersama sama mensukseskan kegiatan Promosi Kesehatan Jiwa demi mewujudkan Kab. Subang, Jawa Barat bebas pasung Tahun 2020.

dr. Widi Primaciptadi, Sp.KJ, sebagai Psikiater RSMM dan Ns.I Ketut Sudiatmika, S.Kep. M.Kep. Sp.Kep.J, sebagai Kepala Instalasi KJM&PKRS RSMM bersama 14 Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat lainnya, berhasil memeriksa, mendiagnosa dan menetapkan 34 ODGJ untuk dilakukan Perawatan, Pengobatan dan Rehabilitasi di RSMM, dari sekitar 53 ODGJ yang terdaftar di panitia, karena 2 ODGJ gagal rawat, 1 ODG kabur dari lokasi acara dan sisanya tidak bisa di hadirkan ke tempat kegiatan, karena kondisi pasien dan masalah dokumen kependudukan dan penjaminan yang tidak memungkinkan.

34 OGDJ Kab. Subang dilepas di hadapan seluruh peserta dan undangan yang hadir oleh H. Mansyur, SKM, M.Si. sebagai Kepala Seksi PTM dan Panitia kegiatan kepada RSMM. Beliau menyampaikan rasa syukur atas suksesnya kegiatan dan mengucapkan terimakasih kepada Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa RSMM, yang telah bekerja keras melayani ODGJ dan keluarga tidak mampu se-Kab. Subang yang hadir, untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan di RSMM.

Evakuasi ODGJ langsung dilakukan Pkl.15.00 WIB, dengan menggunakan 1 Unit Bus, Ambulance dan mobil keluarga, yang mengangkut 34 ODGJ, menuju RSMM Bogor.
Sesuai dengan hasil diskusi Rencana Tindak Lanjut paska kegiatan, maka diputuskan bahwa serah terima pemulangan kembali ke Kab. Subang, akan dilakukan pada Hari Senin, 23 Maret 2020, pkl.14.00 WIB, yang bertempat di Dinsos Kab. Subang. Sedangkan Evakuasi ODGJ Berat secara Masal Periode ke-2 direncanakan akan di gelar kembali Hari Selasa, 24 Maret 2020, pkl.08.00 WIB, guna memfasilitasi peserta yang tidak bisa terbawa pada periode 1 dan peserta ODGJ Berat yang lainnya.

?Stop Pasung.
?Sehat Jiwa.
?Pulih Produktif dan Mandiri.

(KJM & PKRS RSMM) 

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya