Tak Ada Kata Terlambat, Anjal di Cibinong Siap Bersaing Dengan Pendidikan Formal

BOGOR, INFODESAKU – Dalam rangka mendukung program Bupati Bogor, Rumah singgah Tabayun telah melaksanakan program pendidikan paket B dan paket C bagi anak anak jalanan, di sekitar lampu merah wilayah Cibinong,

Penyerahan izajah di serahkan secara simbolis oleh camat Cibinong, Bambang W Tawekal, selaku pembina di Rumah Singgah Tabayun, Sabtu (11/07).

Selain menyerahkan ijazah Camat cibinong juga memberikan motovasi kepada anak anak jalanan agar tidak patah semangat dalam menuntut ilmu, karna tidak ada kata terlambat dalam mencari ilmu, mungkin hanya waktu saja yang menyebabkan keterlambatan karna suatu hal.

“Ini bukan kegiatan kecil tapi ini kegiatan yang besar bahkan sangat besar, jangan patah semangat kepada para pendamping di sini saya yakin dengan niat kita yang baik pasti ada jalan,” kata Bambang.

Masih kata Bambang, kegiatan ini bukan hanya di bidang pendidikan akan tetapi harus di kembangkan kepada kegiatan lainnya yang harus di dukung dengan ke ahlian masing-masing anak-anak tersebut, karna setiap orang pasti berbeda dari segi kemampuan atau keinginannya, kita coba pasilitasi, di sini halaman masih luas kita coba adakan pelatihan pelatihan sesusi dengan keinginan masing-masing, ada yang hobi ternak kita fasilitasi ilmunya, ada yang hobi otomotif kita buat pelatihan otomitif bahkan jika ada yang suka seni kita akan kerja sama dengan dinas pariwisata, untuk memberikan pelatihan pelatihan entah itu seni tari, seni musik dan lainnya.

“Setelah selesai pendidikan tidak di lepas begitu saja tetap harus di beri pelatihan ketrampilan agar mereka bisa mandiri, ada beberapa anak-anak jalanan yang sekarang sudah sukses dengan usahanya,” jelas Bambang.

Di tempat yang sama Hj. Tati Idawati selaku penanggung Jawab Rumah singgah Tabayun mengungkapkan rasa harunya kepada anak anak binaannya karena tidak ada kata yang bisa mamah ucapkan hari ini kecuali rasa haru bahwa anak anak sudah bisa menyelesaikan pendidikannya di Tabayun ini.

“Harapan mamah yang selesai di paket B melanjutkan ke paket C dan yang selesai dari paket C bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, harapan mamah anak anak Tabayun ini bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, ini akan mamah usahakan karna semua di sini gratis tanpa di pungut biaya jadi anak anak ini bisa belajar dengan tenang,” harap mamah Tati.

Lebih lanjut Tati mengatakan, tujuan rumah singgah tabayun untuk mencerdaskan anak anak yang kurang beruntung namun setelah 11 tahun rumah singgah tabayun ini berdiri tujuannya untuk mencerdaskan anak anak yang kurang beruntung, anak anak yang tidak bisa merasakan pendidikan kita tampung di sini yang biasa mengamen di lampu merah tidak ada tempat tinggal kita siapkan tempat untuk mereka istirahat dan mereka bisa makan dan minum di sini.

“Banyak suka duka dalam mengurus anak-anak jalanan ini tentunya pandangan miring dari sekitar, tetapi kita punya tekat untuk menjadikan Bogor Cerdas dengan motto kita Tabayun kami ada, kami bekerja, kami berbuat dan kami lilahi ta’ala tanpa harus di puji tetapi kerja kami nyata,” Pungkasnya.

Di sela sela acara ramah tamah Asep salah satu penerima ijazah paket B dirinya siap bersaing dengan anak anak yang mengikuti pendidikan formal.

“Saya sangat senang bisa mengikuti pendidikan paket B dan saya akan melanjutkan ke paket C dan saya akan siap bersaing dengan yang berpendidikan formal, bagi saya tidak ada kata terlambat dalam pendidikan.”  kata Asep penuh semangat.

 

Laporan : YANI/EPF

Related posts

11 Inovasi Yang Sukses Jadikan Desa Sukamaju Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

Inovasi Salam Besti Signifikan Turunkan Angka Stunting, Desa Sukamaju Sukses Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jabar 2023

Inovasi “Mata Dewa” Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Wujudkan Data Desa Presisi