Pemdes Cipondok Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Linmas

KUNINGAN, INFODESAKU – Pemerintah Desa Cipondok Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas anggota Linmas pada hari kamis (23/07/2020) bertempat di balai desa Cipondok Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kades Cipondok, Kanit Binmas Polsek Kadugede, Babinsa Koramil 1502 Kadugede serta seluruh anggota linmas desa cipondok kecamatan kadugede Kabupaten kuningan.

Kades Cipondok Tatang Munandar, mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas di harapkan mampu melakukan pendekatan persuasif, edukatif dan parsitipatif di tengah-tengah masyarakat untuk mewujudkan desa Cipondok Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan yang aman dan kondusif.

“ Menjadikan desa Cipondok termasuk keamanan dan kenyamanan masyarakat, maka dari itu Linmas sebagai garda terdepan pengamanan lingkungan secara kapasitas dan kualitas harus bagus. Linmas merupakan pahlawan sosial, Karena kalau lihat unsur materi atau kesejahteraan jauh, tidak sebanding dengan tugasnya ,” ujar Kades Cipondok Tatang Munandar.

Selanjutnya Kades mengapresiasi terhadap Linmas yang sudah berdedikasi untuk menjaga keamanan lingkungan, dan berharap para anggota Linmas bisa memaksimalkan kesempatan pelatihan kapasitas linmas tersebut.

Sementara itu, Pemcam Kadugede yang diwakili oleh Kasi Trantib Kecamatan Kadugede Nanan Setiana, memberikan pendapatnya tentang pelatihan peningkatan kapasitas Linmas, yang diselenggarakan Pemdes Cipondok Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan.

Kasi Trantib Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan Nanan Setiana menjelaskan bahwa, tugas Linmas saat ini sudah bukan lagi hanya urusan menangkap pencuri saja, melainkan banyak tugas mulia yang bersifat sosial yang bisa dikerjakan oleh Linmas.

“Bukan hanya memastikan keamanan lingkungan, keindahan lingkungan dan ketertiban lingkungan juga, Linmas harus punya andil, seperti bisa dilibatkan dalam penagihan PBB oleh kolektor, Linmas harus mendampingi, pelaporan IMB jika ada yang bangun rumah, Linmas juga harus aktif menjaga kebersihan lingkungan, kenyamanan lingkungan,” jelasnya.

Di akhir kegiatan ini anggota Linmas Desa Cipondok mengucapkan terimakasih kepada pemerintah desa cipondok yang memberikan pelatihan kapasitas linmas ini semoga pelatihan kapasitas linmas ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya.

 

 

Laporan : BUDI KNG

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling