Kolot di Lembur Harudang, Pererat Melalui Seni Pencak Silat

SUKABUMI, INFODESAKU – Pererat silaturahmi melalui pagelaran pencaksilat antar paguron di wilayah Sukabumi dengan tujuan melestarikan seni budaya serta menggaungkan kembali Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) di mana cikal bakal PPSI itu di daerah-daerah, Acara pagelaran dilaksanakan tepatnya di Paguron Gelar Pusaka Siliwangi Kec.Ciambar, kabupaten Sukabumi Kamis (27/08/20) kemarin.

Ketua Harian IPSI kabupaten Sukabumi, H.Dedi mengatakan melalui kegiatan ini kita bisa bersilaturahmi dengan para sesepuh, meski sudah tua umurnya mereka sangat antusias masih penuh semangat mengikuti acara ini.

“Ininya para sesepuh bangkit kembali untuk PPSI akan menjadi penyemangat bagi generasi muda.” katanya.

Perlu adanya kebijakan kebijakan sambung dia, pemerintah memberikan pasilitas. Kebutuhan pencak silat itu tidak hanya terhadap berupa benda saja, akan tetapi motivasi juga spirit sangat di perlukan.

“Pemerintah bisa memberikan SK mulok sehingga pelatih silat bisa mengembang di sekolah-sekolah maupun paguon-paguron,” harapnya.

Ada hal yang menakjubkan dari pantauan infodesaku para peserta itu terdiri dari sesepuh yang usianya sekitar 70 tahun keatas dan para generasi mudapun turut serta, sehingga timbul ungkapan dari ketua harian IPSI kab. Sukabumi.

“Kolot ti lembur teh hararudang deui (para senior turun kembali ke lapangan),” ungkapnya.

Sementara di tempat yang sama, Amir selaku sesepuh Paguron Gelar Pusaka Siliwangi dirinya menyampaikan bahwa dengan di gelarnya kegiatan ini yang pertama Milad Paguron yang ke 9 tahun kemudian untuk mempererat silaturahmi bersama para sesepuh paguron atau para penggiat seni budaya di wilayah 3 yang tergabung dari 8 Kecamatan dan tidak lupa juga di hadiri oleh ketua umum FKPPAI Sukabumi Raya (Forum Keluarga Paranormal Penyembuh Alternatif yang sudah berkenan datang untuk menyukseskan kegiatan silaturahmi.

“Saya selaku tuan rumah sekaligus Ppuhu Paguron mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak atas terlaksananya kegiatan ini, semoga kegiatan ini kedepan lebih baik lagi.” Imbunya.

 

Laporan : Dev/BA

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra