Kemenparekraf Selenggarakan Bimtek Pendampingan Akademisi di Bengkulu

BENGKULU, INFODESAKU – Untuk meningkatkan peringkat Desa Wisata dan memberikan wadah bagi Akademisi melakukan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Pengembangan SDM Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (PSDM Kemenparekraf) kembali menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendampingan Desa Wisata yang diselenggarakan pada Selasa (08/09/2020) di Hotel Mercure, Bengkulu.

Bimtek ini diberikan sebagai fasilitasi oleh Kemenparekraf kepada Universitas Prof. DR. Hazairin, SH (Unihaz) sebagai salah satu peserta dalam program pendampingan Desa Wisata oleh Akademisi dan melibatkan 30 (tiga puluh) peserta warga masyarakat yang berasal dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Rejang Lebong sebagai binaan universitas tersebut. Narasumber dalam pelatihan ini diambil dari Akademisi yang sebelumnya telah dilibatkan dalam Training of Trainer Pendampingan Desa wisata oleh Akademisi, yang diikuti oleh 109 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dan diadakan di 7 (tujuh) titik di seluruh Indonesia. Materi yang didapatkan peserta meliputi materi CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) serta materi Pemasaran yang terdiri dari Exploring, Packaging dan Presentation.

Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Irsan Setiawan, yang dalam kesempatan ini menyatakan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya Bimtek ini. Setiawan menyatakan bahwa Covid-19 telah membuat pariwisata Bengkulu mengalami keterpurukan, walaupun saat ini sudah terlihat mulai bangkit kembali.

Analis Kebijakan Ahli Madya Desty Murniati menyatakan bahwa hendaknya Bimtek ini dijadikan ajang bagi upskilling peserta di masa adaptasi kebiasaaan baru, dimana pariwisata mengalami perubahan yang luar biasa dikarenakan kepedulian wisatawan yang sedemikian besar terhadap aspek kesehatan.

Bimtek ini diselenggararakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang terdiri dari mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer, nemakai masker dan menjaga jarak fisik diantara para peserta. Selain itu peserta dan panitia juga mendapatkan tes rapid dan pengukuran suhu sebelum memasuki ruangan pelatihan.

 

 

Laporan : RF/EPF

Related posts

Sambut dan rayakan liburan sekolah di Banyuwangi bersama ASTON Banyuwangi

Melalui Musdes Tim Penyusun RKP Desa Mulai Dibentuk

Satu lagi Posyandu Diresmikan Kades Cimandala