Kemenparekraf Selenggarakan Pelatihan Asesor Kompetensi Pariwisata di Yogyakarta

YOGYAKARTA, INFODESAKU – Demi meningkatkan profesionalisme pelaku wisata, Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (PSDM Kemenparekraf) kembali mengadakan kegiatan Pelatihan Asesor Kompetensi bidang Pariwisata yang dilaksanakan di Prime Plaza Hotel Yogyakarta, Senin-Sabtu (14-19/09/2020)

Kegiatan Pelatihan Asesor Kompetensi ini dibuka oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Wisnu Bawa Tarunajaya, yang dalam kesempatan ini menerangkan pentingnya keberadaan Asesor Kompetensi yang nantinya mensertifikasi tenaga kerja pariwisata yang professional.

“Selamat mengikuti pelatihan, kedepankan profesionalisme dalam menilai sehingga nanti hasil sertifikasi tersebut menggambarkan kemampuan seseorang,” ucapnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 20 (dua puluh) peserta yang berasal dari beberapa Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yaitu LSP Pramindo, LSP Rafflesia, LSP Cakra Wisata Indonesia, SMK Negeri 6 Yogyakarta dan SMK Negeri 2 Ponorogo. Adapun yang menjadi Master Asesor Pelatih adalah Rachmad Sugiyanto dan Annie Savitri dan Master Asesor Penguji adalah Winarti Zaenoeddin dan Siwystika Rahayu, yang kesemuanya merupakan Master Asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Hasil dari pelatihan ini, kesemua peserta dinyatakan kompeten sebagai Asesor.

Demi keamanan dan kesehatan semua pihak yang terlibat, pelatihan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun/menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak fisik selama kegiatan berlangsung. Sebelum kegiatan ini dimulai, seluruh Peserta dan Panitia serta Narasumber juga mendapatkan tes rapid dan baru dapat mengikuti kegiatan setelah dinyatakan hasil tesnya non-reaktif.

 

 

Laporan : RF/EPF

Related posts

Festival Panen Hasil Belajar Sekolah Penggerak SDN 01 Trans Batumarta VII

Hari Lahir Pancasila, Warga Desa Tajimalela Tersenyum Lebar

Pastikan Pembagian Bantuan Beras Berjalan Lancar, Petugas Lakukan Monitoring