Pemdes Babatan Optimis Jadi Desa Yang Mandiri Tahun 2021

KUNINGAN, INFODESAKU – Pemerintah Desa Babatan Kecamatan Kadugede melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa Tahun 2021 di Aula desa. Rabu, (16/09) lalu.

Musrembangdes dihadiri Kepala desa, Camat, Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD, Pendamping desa, Perangkat desa, Para Kadus, Ketua RW, Ketua RT, Serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Camat Bagja Gumelar S.sos, menekankan Desa Babatan harus menjadi desa yang mandiri dan bisa menciptakan ketahanan pangan masyarakat di saat pandemi Covid-19 dengan membudidayakan tanaman sayuran diPolybag disetiap pekarangan Rumah warganya.

” Ditengah wabah covid-19, warga desa harus bisa bangkit dan mandiri dengan cara meningkatkan ketahanan pangan,” tegasnya.

Sementara Kepala desa Romi menjelaskan Musrenbangdes ini di laksanakan untuk perencanaan pembangunan di tahun anggaran tahun 2021.

” Sebab itu Kami meminta agar setiap RT, Dusun dan masyarakat mengajukan program apa yang mau dibangun pada Tahun 2021,” pintanya.

Kades juga menyebutkan kebutuhan masyarakat saat ini masih berpusat kepembangunan infrastructure, seperti sarana prasarana Bale desa, Batas desa, Tempat penampungan sampah dan Embung air desa, selain itu Pemerintah desa akan membangun sarana dan prasarana olahraga seperti lapangan Volly dan Bulutangkis dan akan meminta Instansi pemerintah kabupaten, Pemerintah provinsi, Pemerintaha pusat dan Kementrian olahraga untuk bisa membantu, karena desa tidak punya kemampuan untuk mendanai semua itu.

“ Terkait program sarana Inovasi Desa Babatan akan terfokuskan ke Agrowisata, dengan pengelolaan yang baik akan menghasilkan Pendapatan asli desa (PADes) Babatan,” harapnya.

Banyak hal yang nantinya akan dikembangkan sesuai dengan usulan masyarakat dalam Musrembangdes tersebut diantaranya Agro wisata, Desa digital dan yang lainnya.

” Desa Babatan bisa mandiri seperti desa desa lainya dengan kerja sama, kita bisa twujudkan semua itu,” pungkas Romi penuh optimisme.

 

 

Laporan : BUDI KNG

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA