Nyaris Ambruk, Kantor Balai Desa di Porong Sidoarjo

SIDOARJO, INFODESAKU – Bangunan balai desa di Desa Kebakalan, Kecamatan Porong, Sidoarjo, kondisinya sangat memprihatinkan. Plafon bangunan tersebut terlihat hancur dan berjatuhan.

Hampir sekitar 50 persen kondisi dari bangunan tersebut rusak. Kerusakannya sendiri dikarenakan faktor bangunan yang sudah berusia cukup tua dan tak kunjung direnovasi.

Anggota Komisi A DPRD Sidoarjo, Tarkit Erdianto seusai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di lokasi menyampaikan, kerusakan balai desa tersebut cukup parah. Menurutnya, hampir sekitar 50 persen kondisi bangunan yang rusak. Kerusakan paling parah terletak di bagian belakang kantor desa.

“Pas sidak itu kami juga mengajak pak camat dan sekcamnya juga. Biar mereka tahu bahwa di Sidoarjo masih ada balai atau kantor desa yang kondisinya memprihatinkan. Sebab selama ini kayak tidak mendapatkan perhatian pemerintah setempat,” ujar Tarkit, Raby (30/09).

Menurut Tarkit, seharusnya renovasi tersebut diakomodir oleh Pemkab Sidoarjo. Sebab saat ini pengalokasian Dana Desa (DD) tidak diperbolehkan untuk mengcover renovasi tersebut.

Dalam Permendes Nomor 21/2015 tentang prioritas penggunaan dana desa dijelaskan, prioritas utama dalam pengalokasian DD hanya ada dua jenis. Pertama terkait infrastruktur desa, lalu untuk pemberdayaan.

“Sejak 2015-2016 itu kan dana desa sudah gak boleh bangun. Seharusnya pembangunannya dicover Pemkab kan begitu,” sambung dia.

Lebih lanjut, anggota dewan dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, pihak kecamatan telah diminta untuk mengakomodir pemerintah desa setempat agar menyiapkan perencanaan renovasi balai desa tersebut.

“Nanti biar mereka bersurat ke Pemkab yang tembusannya ke Komisi A. Anggota kami yang di Banggar pun juga nanti akan menyampaikan temuan ini, biar menjadi perhatian pihak eksekutif,” pungkasnya. (edw)

Laporan : Edy Wienarno

Related posts

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik