Kembali Ditemukan Bangunan Sekolah Hampir Ambruk

SIDOARJO, INFODESAKU – Komisi C DPRD Sidoarjo yang membidangi pembangunan, kembali menemukan sekolah dengan ruang kelas dan sarana prasarana yang tidak layak di wilayah Kota Delta.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo, Anang Siswandoko menyampaikan, ada sekolah dasar di wilayah Kecamatan Krembung, Sidoarjo yang jauh dari kata layak. Itu dikarenakan satu ruang kelas, musholla dan toilet di SDN Waung, Krembung tersebut atapnya ambruk. Kondisi bangunannya pun sudah banyak yang rusak.

Menurut Anang, sebenarnya, untuk renovasi gedung sekolah tersebut sudah teranggarkan tahun ini. Namun, dampak dari adanya Covid-19, pemerintah banyak melakukan refocusing anggaran untuk penanganan yang akhirnya berimbas pada renovasi sekolah tersebut.

“Dari Dinas Pendidikan sendiri sebenarnya agak sedikit menyayangkan adanya anggaran perbaikan yang dialihkan itu. Sebab perbaikan gedung itu prioritas untuk belajar siswa,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (30/09).

Anggota dewan dari Fraksi Gerindra tersebut menjelaskan, rencana perbaikan sekolah tersebut sudah sangat matang. Hal itu dapat dilihat dari dua buah sekolah di Krembung yang masuk dalam daftar perbaikan. Satu sekolah telah hampir selesai diperbaiki.

“Kami tadi sidak di dua lokasi di Krembung, yang satu sudah mau selesai. Cuma yang SDN Waung ini belum sebab ada refocusing itu, dimungkinkan baru tahun 2021,” ucapnya.

Anggarannya sendiri yang telah disiapkan sebelumnya menurut Anang sekitar 350 juta. Anggaran tersebut khusus untuk perbaikan di SDN Waung tersebut.

“Kita baru akan bahas KUA PPAS tahun anggaran 2021 itu baru Senin besok. Infonya untuk program prioritas 2020 yang terkena refocusing, secara otomatis masuk di 2021,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menekankan, penyediaan sarana prasaran pendidikan yang layak untuk peserta didik merupakan hal wajib. Oleh karena itu, dirinya berharap agar perbaikan tersebut bisa segera terealisasi di awal tahun.

“Iya apalagi infonya akan ada persiapan untuk pendidikan tatap muka. Lah ini penting untuk segera diperbaiki untuk generasi penerus kita,” tandasnya.

Sebelumnya, Komisi C DPRD Sidoarjo ketika melakukan Sidak pada Jumat (18/9) lalu, mendapati adanya bangunan SMPN 1 Sukodono juga rusak parah. Ada atap enam kelas di SMPN 1 Sukodono yang ambruk. (edw)

Laporan : Edy Wienarno

Related posts

Salurkan BLT DD, Kades Sindangjawa: Gunakan Untuk Kebutuhan Pokok

Kades Ciketak Pastikan Penyaluran BLT DD Tepat Sasaran

Pemdes Tengkujuh Mengadakan Pembinaan Aparatur Terkait Administrasi Desa