Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Sosialisasikan Program Bunda Menyapa

KUNINGAN , INFODESAKU – Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama sosialisasikan program Bunda menyapa ( Membangun Desa Menata Sumber Daya Pangan Keluarga ) di Desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan pada hari Selasa (03/11/2020) bertempat di Balai Desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan beserta jajarannya, Kades Sindangjawa, Sekmat Kecamatan Kadugede, Ketua TP PKK Kecamatan Kadugede, Kasi Kesra Kecamatan Kadugede, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Kuningan, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Kadugede, Ketua KWT Silih Asih Desa Sindangjawa, serta perangkat desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan.

Dalam Sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama menyampaikan,” Program Bunda Menyapa ( Membangun Desa Menata Sumber Daya Pangan Keluarga ) sendiri memiliki berbagai kegiatan. Seperti membantu sarana dan bibit holtikultura berupa sayuran dan buah-buahan, ikan dan ternak untuk budidaya pemanfaatan lahan keluarga khususnya pekarangan dengan cara penanaman polybag. Ada pula edukasi peningkatan pengetahuan dan kesadaran tentang konsumsi pangan berdasarkan kriteria B2SA, dan edukasi peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam diversifikasi pengolahan bahan pangan, ” paparnya.

“Kemudian ada bantuan pangan terhadap keluarga rawan pangan dan lomba prestasi antar keluarga dan kelompok posyandu peserta Bunda Menyapa,” imbuhnya.

Menurutnya, dalam kehidupan masyarakat tidak akan terlepas dari pangan. Pangan merupakan kebutuhan pokok, memberikan manfaat secara adil, merata dan berkelanjutan berdasarkan kedaulatan pangan. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan menyebutkan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar utama manusia. Kemudian pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia. Dijamin di dalam UUD RI Tahun 1945 sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia berkualitas.

Peran PKK sendiri dalam menyikapi kebutuhan pangan beragam, bergizi, sehat dan aman (B2SA) sesuai dengan Perpres Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, sudah menjadi kewajiban.Di mana partisipasi dan peran wanita dalam pembangunan sudah tidak bisa diragukan lagi. Baik dalam peran tradisi sebagai istri, ibu dan pengelola rumah tangga. Sedangkan para peran transisi wanita sebagai tenaga kerja, anggota masyarakat dan manusia pembangunan.

“PKK sebagai gerakan pembangunan harus eksis, tumbuh dan berkembang dari bawah, tentu melalui pengelolaan dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga sejahtera,” jelasnya.

Sementara itu Ucapan rasa Terimakasih Kades Sindangjawa, Oom Komariah kepada Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama yang telah memberikan sosialisasi program Bunda Menyapa (Membangun Desa Menata Sumber Daya Pangan Keluarga).

“Semoga sosialisasi program Bunda Menyapa ini bisa bermanfaat bagi kelompok tani wanita ( KWT SILIH ASIH ) sindangjawa serta seluruh masyarakat desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan , ” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa Pemdes Sindangjawa Kecamatan Kadugede sudah menanam sayuran Polybag sekitar 20 ribu tanamam Polybag yang di sebar seluruh pekarangan rumah warga dan kelompok tani wanita ( KWT SILIH ASIH ) desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan.

Laporan : BUDI KNG

Related posts

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Launching RW Bersih Narkoba Satu-satunya se-Jawa Barat

Iwan Setiawan Mengikuti Arahan Presiden Jokowi Pada Rakornas Pengawasan Intern 2023

Tumpukan Sampah Mulai Diangkut, Warga Desa Bojonggede Merasa Lega