Penyerahan Bantuan Program Keserasian Sosial Dan Penguatan Kearifan Lokal Desa Sindang jawa

KUNINGAN , INFODESAKU – Kementerian Sosial RI melalui Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial menyerahkan bantuan Program Keserasian Sosial dan Penguatan Kearifan Lokal pada hari Rabu (04/11/2020) bertempat di Balai Desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS), Sunarti Msi, Ketua Darma Wanita Kemensos RI, Grace P. Batubara, Bupati Kuningan H.Acep Purnama SH,.MH, di dampingi Ketua TP PKK Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, Camat Kadugede Bagja Gumelar S.sos, Muspika Kecamatan Kadugede serta para Kepala desa yang mendapat bantuan dari Kemensos RI.

Dalam suasana Pandemi Covid-19, Kabupaten Kuningan menjadi salah satu kabupaten yang mendapat perhatian dari Kemensos RI dalam rangka penanganan dampak sosial di masyarakat pada masa pandemi.

Dalam sambutannya Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH.MH mengucapkan terima kasih dengan adanya perhatian dari Kemensos RI, baik semasa pandemi covid-19 atau di masa yang akan datang. Terutama terkait dengan turunnya bantuan Keserasian Sosial dan Penguatan Kearifan Lokal ini pada beberapa desa di Kabupaten Kuningan.

” Terimakasih kepada pemerintah pusat melalui Kemensos yang terus memberikan bantuan sosial bagi warga kabupaten kuningan dimasa pandemi yang belum berakhir,” ucapnya.

Acep Purnama menambahkan, “Kabupaten Kuningan memiliki karakteristik daerah yang luar biasa seperti perbedaan geografis antar desa, perbedaan karakteristik, adat dan etnis, namun begitu hingga saat ini tidak ada konflik yang bisa menjadi pemecah belah persatuan. Karena kami semua menyadari adanya perbedaan itu, dan tidak mudah terpancing isu-isu yang mengganggu stabilitas keamanan daerah,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Ketua Darma Wanita Kemensos RI, Grace Batubara, meyakini beberapa penerima bantuan Program Keserasian Sosial dan Penguatan Kearifan Lokal di Kuningan adalah mereka yang sudah terseleksi dengan baik dan layak menerima bantuan.

“Kami berharap agar bantuan ini bisa terus dijaga dan dimanfaatkan dalam setiap moment di sosial kemasyarakatan. Bahkan mudah-mudahan bisa menjadi potensi kearifan lokal yang bisa dikembangkan, ” ujarnya.

Total bantuan yang diberikan Kemensos dalam program tersebut adalah sebesar Rp 700 juta. Kabupaten Kuningan mendapatkan program dari Kementrian Sosial Republik Indonesia ada 2 (dua) Program dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kementrian Sosial Republik Indonesia Yaitu:
1.Program Keserasian Sosial (KS) Ada 4 Desa :
a. Desa Tajurbuntu Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan
b. Desa Danalampah Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan
c. Desa Ciniru Kecamatan CIniru Kabupaten Kuningan
d. Desa Tinggar Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan

Program Kearifan Lokal ada 2 Desa :
a. Desa Sindang Jawa Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan
b. Desa Ciwaru Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan

Menutut Grace P. Batubara, Kabupaten Kuningan merupakan kabupaten yang terus berkembang, apalagi, ditambah kondisi pandemi covid-19, banyak masyarakat yang terdampak, seperti warga perantauan yang kembali ke kampung halamannya karena tidak ada pekerjaan.

Grace yakin Kabupaten Kuningan bisa menjadi kabupaten yang akan lebih baik pembangunan kesejahteraan masyarakat ke depannya. Kemensos saat ini fokus mensejahterahkan masyarakat melalui program-program lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan program lainnya.

Direktorat PSKBS Kemensos RI, menyampaikan tujuan pemberian bantuan ini untuk meningkatkan kebersamaan warga yang harmonis dilandasi oleh nilai dasar toleransi, saling menghargai dan menghormati, sehingga dapat membangun, mengembangkan serta memelihara kembali kehidupan bersama di antara anggota masyarakat. Untuk diketahui, bentuk kegiatan keserasian sosial berupa kegiatan fisik maupun non fisik dengan melibatkan unsur masyarakat.

Program tersebut dapat di wujudkan dalam bentuk kegiatan fisik seperti pembuatan sarana jalan kampung, rehabilitasi sarana ibadah, pembuatan lapangan olahraga, rehabilitasi saluran air lingkungan, pengadaan air bersih, pembuatan sarana penerangan lingkungan dan pembuatan tugu keserasian sosial. Walaupun pelaksanaan program belum mendapatkan hasil yang maksimal, tetapi apa yang telah dihasilkan dari program tersebut telah banyak manfaatnya bagi masyarakat di lingkungannya.

Dalam kesempatan ini Kepala Desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan Oom Komariah mengucapkan rasa terima kasih kepada Kemensos RI yang telah memberikan bantuan Kearifan Lokal Berupa Alat Kesenian.

“Semoga Bantuan ini bisa bermanfaat melestarikan seni dan budaya Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini.” pungkasnya.

Laporan : BUDI KNG

Related posts

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini