Kecamatan Kebonpedes Berinovasi Meningkatkan Pelayanan Terhadap Masyarakat

SUKABUMI, INFODESAKU – Kecamatan Kebonpedes memiliki banyak inovasi pelayanan publik. Dua di antaranya ialah Saurang Sabumi Mere Getih (Sabumimatih) dan Samsat Gendong. 

Keberhasilan inovasi tersebut diapresiasi Pjs Bupati Sukabumi R. Gani Muhamad saat meninjau sistem pelayan publik tersebut. Menurutnya, sebagai terobosan aplikasi itu memberikan kemudahan bagi masyarakat. 

“Saya apresiasi jajaran Kecamatan Kebonpedes dan Desa Jambenenggang dengan Inovasi ini memudahkan masyarakat,” ujarnya.

Inovasi itu harus terus dikembangkan. Sehingga semakin teruji dan bisa diterapkan di wilayah lain. 

“Evaluasi kelebihan dan kekurangan inovasi ini agar ditemukan titik ideal. Sehingga dapat teruji dalam kondisi apapun,” ucapnya.

Dirinya pun mengajak semua pihak untuk berinovasi Khususnya  yang bisa melayani masyarakat dengan cepat, murah, dan lebih baik.

“Kita harus terus melayani, bukan dilayani. Di dunia ini, penuh fasilitas yang bisa diangkat menjadi sebuah inovasi,” ungkapnya.

Dirinya berharap, inovasi  yang berdampak positif bagi masyarakat bisa diaplikasi di wilayah. Baik tingkat desa, Kecamatan, ataupun Kabupaten.

Sementara itu, Camat Kebonpedes H. Ali Iskandar mengatakan,  Sabumimatih dan Samsat Gendong ini merupakan bagian dari inovasi layanan publik yang dirintis di Kecamatan Kebonpedes dan terbukti bermanfaat bagi masyarakat.

“Dalam kegiatan sabumimatih saja, sudah ada 340 labu darah dari pendonor. Ke depan akan dilakukan di tingkat RW. Sehingga bisa memperbanyak potensi pendonor aktif,” bebernya.

Bahkan untuk samsat gendong sangat memudahkan masyarakat dalam membayar pajak. Sebab, proses pembayaran pajak dijemput langsung ke setiap rumah. 

“Selain itu, proses pembayarannya bisa dibantu lewat inovasi lain. Yakni bayar pajak pakai sampah yang memudahkan masyarakat dalam membayar pajak,” pungkasnya.

Laporan : BA

Related posts

Festival Panen Hasil Belajar Sekolah Penggerak SDN 01 Trans Batumarta VII

Hari Lahir Pancasila, Warga Desa Tajimalela Tersenyum Lebar

Pastikan Pembagian Bantuan Beras Berjalan Lancar, Petugas Lakukan Monitoring