Grand Opening Galeri UMKM Taman. Pertama dan Satu-satunya Galeri UMKM Yang Ada di Sidoarjo

SIDOARJO, INFODESAKU – Bertemoat di eks Gedung Balai Latihan Kerja Kecamatan Taman, Sidoarjo, kegiatan Grand Opening UMKM Taman berlangsung semarak, Rabu (18/11) kemarin dengan dihadiri seluruh anggota UMKM Taman, Forkopimda Kecamatan Taman. Tidak hanya dapat menikmati bazaar produk – produk UMKM yang berbaris rapi masing – masing stand-nya saat memasuki lokasi galeri tersebut, tetapi juga kita dapat mengetahui banyak produk-produk unggulan karya pelaku usaha rumahan yang secara kualitas tidak diragukan lagi.

Camat Taman Drs. Ali Sarbini, SH. MH., dalam sambutannya berharap dengan adanya Galeri UMKM semua pelaku usaha kecil dan sector industri kecil yang terdapat di wilayah Kecamatan Taman, Kab. Sidoarjo dapat lebih unggul dengan memajukan usahanya.’’Adanya Galeri UMKM diharap kedepannya dapat memajukan sector UMKM dan industri kecil yang ada di Sidoarjo lebih utama para pelaku UMKM yang terdapat di wilayah Kecamatan Taman,” tutunya.

Ditambahkannya, dibukanya Galeri UMKM tersebut para pelaku UMKM dapat memanfaatkannya sebaik mungkin agar produk yang dihasilkannya dapat dikenal atau lebih memajukan usahanya dengan cara mengikuti berbagai macam pelatihan – pelatihan usaha ataupun sekedar mendisplay produk yang dihasilkannya.

Sementara itu ketua UMKM Taman Eva Sanjaya menuturkan, pelaku UMKM harus kreatif dan mampu bertahan dalam kondisi pandemic covid-19 dengan menghasilkan ide – ide kreatifnya. Sehingga produk – produk yang dihasilkannya pun tetap eksis dipasaran, meski kondisi sedang krisis sekalipun.

“Selama pandemic tidak sedikit pula pelaku UMKM bangkit dan beralih bidang usaha, dari craft ke makanan minuman, hal ini dilakukan demi keberlangsungan ekonomi rumah tangga agar tetap ngebul. Selain iu juga sector usaha makanan dan minuman pada saat ini menjadi bidang usaha terbanyak yang dijalani,” tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskannya beberapa program UMKM Taman yang sudah berjalan, diantaranya : Titip Seller yaitu dengan memberdayakan kaum milenial dan memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk – produk UMKM di dunia maya. Melalui program yang satu ini tidak sedikit pula produk – produk UMKM Taman yang terjual hingga dikirim ke seluruh Indonesia. Selain itu juga terdapat program Pelatihan usaha yang dilakukan secara rutin setiap satu minggu 3 kali, program Promo Bazaar Rutin dan Sidak Tempat Usaha.(STP)

Dikatakannya, melalui program STP para pelaku usaha mendapatkan bimbingan tentang produk – produk yang dihasilkannya. Seperti legalitas usaha, kemasan atau packaging, daftar merk, hingga tehnik pemasaran produknya. Dengan demikian para pelaku usaha kecil dapat mengembangkan produknya menjadi lebih baik lagi.

Menjadi satu-satunya galeri UMKM yang terdapat di Kabupaten Sidoarjo, sudah semestinya para pelaku usaha kecil yang terdapat di wilayah Kecamatan Taman merasa bangga. Pasalnya, dengan adanya Galeri UMKM Taman semua pelaku UMKM yang terdapat di wilayah Kecamatan Taman dapat terlibat dan bergabung menjadi anggota UMKM Taman. Tidak hanya mengikuti berbagai program, tetapi juga bias mendisplay produk yang dihasilkannya di etalase galeri ini. Dengan demikian produk – produk UMKM dapat dikenal secara luas.

“Di Sidoarjo hanya di Kecamatan Taman yang sudah memiliki galeri untuk UMKM, diharapkan semua sector usaha kecil dan Industri rumahan dapat memanfaatkan semua fasilitas yang terdapat dalam Galeri UMKM Taman dengan sebaik-baiknya,” kata Drs. Ali Sarbini, SH., MH., Camat Taman kepada Infodesaku.

Sebagai tanda resmi dibukanya Galeri UMKM Taman untuk umjum dilakukan pemotongan tumpeng oleh Camat Taman Drs. Ali Sarbini, SH., MH., yang kemudian diserahkan kepada ketua UMKM Taman Eva Sanjaya. Untuk memungkasi, para undangan disuguhi dengan fashion show oleh para model yang juga anggota UMKM Taman dengan mengenakan kostum Batik Wage ‘Gikwatun’. (edw)

Laporan : Edy Wienarno

Related posts

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik