Pelatihan Keterampilan di Era pandemi Tingkatkan Kopetensi SDM Kecamatan Selaawi

GARUT, INFODESAKU – Kepala Desa Samida menutup Pelatihan Mobile Training Unit (MTU) Kejuruan Pembuatan APD yang diselenggarakan di Gedung Olahraga Desa Samaida, Kecamatan Selaawi. Selasa, (29/12).

Seusai acara Kepala Desa Samida, Koko Kosasih menjelaskan Pelatihan Mobile Training Unit (MTU) merupakan program pelatihan kerja dari Kementrian Ketenagakerjaan RI untuk melatih para pencari kerja dan tuna karya di pelosok pedesaan.

“Pelatihan ini berlasung selama sepuluh hari dengan materi pembuatan APD diantaranya menjahit masker”, jelasnya.

Koko menambahkan Peserta pelatihan bukan hanya dari Desa Samida, ada juga dari Desa Putrajawa, Mekarsari, Pelita Asih dan Selaawi diman jumlah peserta dari tiap-tiap desa 16 orang.

“Pelatihan ini gabungan dari Lima desa yang berada di Kecamatan Selaawi”, tambahnya.

Disaat yang sama Ketua APDESI Selaawi yang merupakan Kepala Desa Putrajawa Suparman mengatakan pelatihan ini dalam upaya memberikan keterampilan dan peningkatan kompetensi SDM khususnya bidang pembuatan APD dalam era pandemi Covid-19, guna mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas Mobile Training Unit (MTU).

“Semoga para Alumni pelatihan bisa memamfaatkan ilmunya dan menjadi pelopor usaha baru”, harapnya.

Semtara seorang peserta asal Desa Samida Mimin Siti Aminah mengungkapkan pelatihan ini sangat berguna sekali terlebih pelatihan yang diberikan tentang keterampilan membuat APD salahsatunya menjahit masker.

“Keterampilan ini sangat berguna sekali terlebih dimasa pandemi, setidaknya dengan keterampilan ini kita bisa membuat APD sendiri untuk perlindungan keluaraga dan tetangga”, ungkapnya.

Pelatihan berlangsung dengan menerapkan Prokes yang ketat sesuai anjuran Pemerintah.

 

Laporan : Bhegin

Related posts

11 Inovasi Yang Sukses Jadikan Desa Sukamaju Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

Inovasi Salam Besti Signifikan Turunkan Angka Stunting, Desa Sukamaju Sukses Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jabar 2023

Inovasi “Mata Dewa” Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Wujudkan Data Desa Presisi