Kades Surabaya Musrembangdes Memilah Kegiatan Yang Didanai APBDes, APBD Dan APBN

GARUT, INFODESAKU – MusrenbangDes atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa merupakan forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik dalam hal ini yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga masyarakat dan para pemangku kepen tingan lainnya dimana nantinya bisa mengangkatkan perekonomian masyarakat. Hal itu disampaikan Kepala Desa Surabaya, Kecamatan Balubur Limbangan Jaenudin saat mengelar MusrembagDes di Aula desa. Senin, 18/ 1

Menurut Jaenudin pelaksanaan Musrembangdes diselenggarakan untuk Kegiatan Pembangunan Tahun 2021 dan Perencanaan Kegiatan Tahun 2022 yang dihadiri berbagai elemen dan unsur masyarakat baik dari RT, RW, Dusun, Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat serta unsur lain yang terkait diDesa, serta disaksikan pula perwakilan dari Forkompimcam , Pendamping Desa dan perwakilan SKPD.

Musrenbangdes ini adalah kelanjutan dari kegiatan Musrembang di tingkat Dusun yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Pemerintah Desa, BPD dan LPM.

Dalam kesempatan MusrembangDes kali ini Kepal desa sekaligus melaksanakan sosialisasi Rencana Pembangunan Desa tentang Desa Surabaya Tahun Anggaran 2021, sekaligus memaparkan hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2020 yang menjadi amanat Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) serta menjelaskan besaran pendapatan yang diterima dari berbagai sumber keuangan yang masuk melalui rekening Kas Desa sebagai wujud transparansi pengelolaan keuangan Desa.

“Usulan dipilah-pilah sesuai dengan kewenangan, baik yang masuk menjadi Kewenangan Desa dan akan dibiayai dari APBDes (ADD/DD/Banprop/Bantuan Kabupaten) maupun yang akan dibawa kedalam Musrembang Kecamatan karena usulan dimaksud masuk dalam Kewenangan Pemerintah diatasnya,” pungkasnya.

Laporan : Bhegin

Related posts

Festival Panen Hasil Belajar Sekolah Penggerak SDN 01 Trans Batumarta VII

Hari Lahir Pancasila, Warga Desa Tajimalela Tersenyum Lebar

Pastikan Pembagian Bantuan Beras Berjalan Lancar, Petugas Lakukan Monitoring