Bangun Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi Anggota Koramil 2101 Sukaraja Budidaya Ikan Nila

BOGOR, INFODESAKU – Dalam rangka membangun ketahanan pangan dimasa pandemi yang masih berlanjut, anggota koramil 2101 Sukaraja, Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Serda Sunarman bersama anggota koramil lainnya mencoba membudidayakan ikan air tawar konsumsi jenis Mujair atau Nila, dengan memanfaakan lahan kosong dibelakang kantor Koramil.

” Memanfaatkan lahan kosong dibelakang kantor, kami mulai mencoba budidaya ikan mujair atau nila dengan menggunakan terpal sebagai kolam tempat budidayanya. Ada empat kolam yang kita buat, disesuaikan dengan kebutuhan pembiakan ikan, yaitu tempat indukan, tempat buat penetasan telur, tempat sterilisasi dan terakhir tempat pembesaran,” jelas Sunarman.

Lanjutnya, sementara kita coba ikan nila dulu, kalau ternyata berkembang biak dengan baik akan kita coba budidaya jenis ikan lainnya seperti gurame dan ikan mas. Kita juga sedang meneliti kadar air serta PH air yang ada disini, sekiranya cocok untuk jenis ikan lain nantinya akan kita isi dengan jenis lainnya.

” Kita masih uji PH air disini yang cocok untuk jenis ikan lain, misalnya gurame atau ikan mas, kalau ternyata air disini cocok akan kita kembangkan juga budidaya jenis ikan air tawar lainnya,” lanjut Sunarman.

Menurut Sunarman, budidaya ikan mujair nila sebagai contoh membangun ketahanan pangan dimasa pandemi. Hal ini dapat dilakukan oleh semua masyarakat yang dengan memanfaatkan sedikit lahan yang tidak digunakan, daripada tidak terurus lebih baik mencoba budidaya ikan atau bisa juga dengan menanam sayuran.

” Budidaya ikan sebagai bentuk ketahanan pangan dimasa pandemi dapat dilakukan oleh semua orang. Memanfaatkan lahan yang tidak terpakai agar menghasilkan sesuatu yang mempunyai nilai ekonominya tinggi dengan budidaya ikan atau bisa juga dengan berkebun ketahanan pangan akan terjaga,” tandasnya.

Jika budidaya ini sukses, akan saya tularkan didesa yang menjadi desa binaan babinsa agar ketahanan masyarakat desa tetap terjaga ditengah pandemi yang belum kunjung usai sampai saat ini,” pungkasnya.

 

Laporan : AJH

Related posts

11 Inovasi Yang Sukses Jadikan Desa Sukamaju Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

Inovasi Salam Besti Signifikan Turunkan Angka Stunting, Desa Sukamaju Sukses Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jabar 2023

Inovasi “Mata Dewa” Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Wujudkan Data Desa Presisi