Perwakilan 4 Sekolah Ikuti Simulasi Asesmen Guna Menghadapi ANBK Tahun 2021

SUKABUMI, INFODESAKU – Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan jelang persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di tahun 2021. SD Negeri Pakuhaji gelar Sosialisasi Simulasi Asesmen ANBK yang di Ikuti oleh para guru dan Ketua Pc PGRI Parungkuda serta Ketua K3S. Yang bertempat di jalan Raya Pakuwon Parungkuda, Kab.Sukabumi, Selasa (30/08/21).

Menurut Kepala Sekolah SDN Pakuhaji Anceu Sukmawati,S.Pd.SD.,MM. mengatakan bahwa untuk kegiatannya ANBK hanya bisa di lakukan oleh sekolah mandiri yang telah di Verifikasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.

“Kegiatan ini wajib di lakukan dan di hadiri oleh murid kelas V para guru yang telah di tunjuk, untuk memahami pelaksanaan ANBK di tahun 2021,” ungkapnya, Selasa (02/08).

Menurutnya, SDN Pakuhaji adalah salah satu sekolah mandiri yang telah mempunyai peralatan untuk persiapan UNBK. Asesmen Nasional ini nantinya dilaksanakan dalam tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi, Numerasi.

“Jadi, dalam kegiatan ini kita akan melatih anak didik khususnya murid kelas V untuk menguasai tata cara dalam menguasai ITE dan teknologi berbasis komputer (CBt) karena ANBK sendiri akan di laksanakan secara online dan Semi Online, untuk itu perlunya diadakan kegiatan seperti ini,” pungkasnya.

Sementara Proktor,(Pengawas Utama), Abdurahman Awaludin Mansur,S.kom, di tempat yang sama dirinya menyampaikan kepada Infodesaku, dari segi persiapan yang pertama sarana pendukung alat kemudian karena di persiapan disimulasi itu dengan sistem ful online sebab menggukan krumbuk yang bersumber dari bantuan Kementrian DAK tahun 2020, yang otomatis kita melaksanakan sistem ful online yang pertama dengan mempersiapkan jaringan internetnya.” ungkap Abdulrahman.Selasa (30/08).

Lebih lanjut Abdulrahman menambahkan, untuk jaringan internatnya kita menggunakan 100 Mbps yang tentunya benwit yang sangat cukup besar dan Allhamdulilah dalam pelaksananya kita di berikan cukup lancar tanpa ada gangguan apapun baik dari jaringan internet kemudian dari para peserta yang akhirnya semua krumbuk lancar dalam pelaksanaan ini kita Alhamdulilah sudah sesuai dengan standar dari kementrian.

“Kegiatan ini yang pertama simulasi ini dilaksanakan sebagai bahan dari acuan pada kita nanti gladi bersih dan juga menjelang pelaksanaan asesmen nasional yang akan dilaksanakan di bulan Oktober dan juga bulan November.” jelasnya.

 

Laporan : BA

Related posts

Jaring Bibit Atlet melalui Lomba O2SN Sekolah Dasar

Ketua Kwarcab Minta Jajaran Pramuka Tingkat Kecamatan Di Berbagai Kegitan Sosial Pramuka Harus Hadir

Puisi Puisi Soleh Sohih