Pemdes Galih Pakuwon Bina Linmas Agar Berguna

GARUT, INFODESAKU – Pemerintah Desa Galih Pakuwon, Kecamatan Balubur Limbangan mendapatkan pembinaan Linmas dari Kasi Trantib dan Bhabinkamtibmas guna menjadikan wilayah yang aman, nyaman dan tentram. Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama Pemerintah desa bererta Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umuum menjalin kerjasama dengan pihak terkait salah satunya dengan Pihak Polsek BL. Limbangan bertempat di Aula desa. Kamis, (09/09).

PJS Kepala desa Jamjam Komarudin mengatakan, Linmas sendiri sangat berperan penting didalam menjaga perlindungan masyarakat di wilayah sekitarnya, selain itu banyak warga yang hanya melihat Linmas atau sering mereka sebut dengan Hansip yaitu suatu tugas untuk keamanan ketika ada warga hajatan atau ketika desa menggelar acara yang melibatkan masa banyak.

“Agar Linmas memiliki kapasitas yang baik di dalam menjalankan tugas menjaga ketentraman wilayah maka Pemerintah desa mengadakan sebuah pelatihan pembinaan Linmas dengan tujuan memberikan pemahaman dibidang pengamanan dan pertahanan wilayah”, paparnya.

Sementara Kasi Tantrib kecamatan Gumilar menjelaskan, pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Tujuan dari diadakan pelatihan ini adalah untuk meberikan ilmu tentang pengamanan dan pertahahanan di wilayah. Misalnya dalam proses menciptakan kondisi yang aman dan nyaman”, jelasnya.

Pada pelatihan dan pembinaan linmas diberikan beberapa materi yang terkait dengan pengamanan, pertahanan, ketertiban, dan aspek-aspek dalam mengatasi masalah tindakan kriminal maupun non kriminal diwilayah masing-masing.

 

Laporan : Bhegin

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove