Asisten Staf Khusus Wapres RI Berikan Apresiasi Untuk KIM Cibers Desa Cijengkol

SUKABUMI, INFODESAKU – Asisten Staf Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia Bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagya Mahardika, memberikan statementnya terkait Kegiatan Festival Literasi Digital Jawa Barat (Viral) yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Saung Angklung Udjo,  Kota Bandung. Selasa, (21/12/202).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan kamil yang akrab disapa Kang Emil ini,  menyampaikan bahwa ada beberapa penghargaan yang diberikan bagi pemerintah dan masyarakat yang telah berkontribusi dalam memajukan Jawa Barat dalam Sistem Digitalisasi.

“Penghargaan diberikan kepada mereka-mereka yang sudah bekerja keras menjadikan Jawa Barat Akseleratif melompat dalam kualitas Peradaban Digital.” Jelas kang Emil Gubernur Jawa Barat

Sementara itu, Asisten Staf Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia Bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagya Mahardika pun ikut memberikan Apresiasi terhadap keberhasilan Kelompok Informasi Masyarakat Cijengkol Bersatu (KIM Cibers) Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, meraih juara dalam Festival Literasi Digital Jawa Barat 202I atau Viral 2021 dalam kategori Lifetime Achievement tersebut.

“Saya mengucapkan Selamat kepada KIM Cibers Cihengkol Kabupaten Sukabumi yang menjadi juara Festival Literasi Digital Jawa Barat kategori Lifetime Achievement tahun 2021,” ucapnya.

KIM Ciber yang merupakan singkatan dari Komunitas Informasi Masyarakat Cijengkol Bersatu.

Komunitas ini lahir atas partisipasi masyarakat untuk melakukan Literasi Digital kepada masyarakat dalam penggunaan Internet ,Teknologi Digital untuk sektor-sektor Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan dan juga Layanan Desa kepada masyarakat.

“Desa Cijengkol merupakan salah satu Desa yang sudah menerapkan Desa Digital sebuah aplikasi atau Platform, Pelayanan Surat Menyurat dan Administrasi Desa dan Layanan Publik kepada masyarakat sehingga ini akan mempercepat Pelayanan dan memberikan kemudahan serta kepuasan kepada masyarakat desa,” ujarnya.

Dengan hal ini,  menurut Guntur,   ini adalah sebuah langkah strategis dan sebuah prestasi.

“Langkah strategis dan Prestasi ini  harus kita apresiasi dan kita duplikasi ke daerah-daerah lainnya. Sehingga desa-desa mampu meningkatkan pelayanannya dengan memanfaatkan Teknologi Digital,” ulasnya.

Menurut Guntur, Pemerintah tahun 2020 -2024 memiliki Strategi Pengembangan Teknologi Digital sampai ke pedesaan.

“Diharapkan ada berapa ribu desa yang tersebar di Indonesia bisa terkakses internet dan mendapatkan layanan Digital,” ungkap Guntur.

Teknologi Digital ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena dengan Digitalisasi Desa dan membangun Ekosistem Digital menurutnya banyak hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat sehingga menjadi sumber pendapatan masyarakat dan dapat mensejahterakan masyarakat desa dengan Layanan yang lebih cepat mudah dan Puas.

 

 

Laporan : BA

Related posts

Luar Biasa! Desa Cilebut Barat Kedatangan Tim Penilai Lomba Desa Sadar Hukum

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional