Tangisan Bahagia Keluarga, Sambut Kepulangan 18 ODGJ Garut, Paska Rawat RSJMM

GARUT, INFODESAKU – Tangisan haru dan bahagia dari kelurga, pecah saat datangnya 1 unit bis yang membawa 18 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) paska perawatan dan pengobatan selama 3 minggu di RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, sejak pasien tersebut dilakukan evakuasi masal dari wilayah Kec.Cilawu Kab.Garut, pada tgl.23 Januari 2022.

Ke-18 ODGJ. Satu persatu pasien turun dari bis yang disambut langsung oleh keluarga, menuju ke Aula Kecamatan Cilawu yang berlokasi di Jl.Garut – Tasikmalaya, Desa.Pasanggrahan, Kec.Cilawu, Kab.Garut, Jawa Barat, untuk mengikuti kegiatan Serah Terima Kembali 18 ODGJ Paska Rawat RSJMM ke Kab.Garut, yang dihadiri oleh petugas Dinkes, Dinsos, Kecamatan, Desa, Puskesmas, TKSK, PSM, Kader dan Keluarga ODGJ dari wilayah Cilawu, Tarogong, Cikajang, Bungbulang, Mekarwangi, Garut Kota, Sukawening, Wanaraja, Lembang, Leles, Rancasalak, Kadungora, Pakenjeng, Leuwigoong, dan Cibalong.

Camat Cilawu yaitu,  H. Anas Aolia Malik, S.Ag.,MS.i, langsung membuka acara serah terima dengan mengucapkan syukur dan terimakasih.

“Alhamdulillah sudah kembali pulang 18 pasien asal garut dari RSJ Marzoeki Mahdi, dan terima kasih kepada tim RSJMM yang sudah mengembalikan pasien ke keluarganya masing-masing”. Ucapnya.

Ujang Setiawan, S.Kep., sebagai Sub.Koordinator Program P2PTM dan Kesehatan Jiwa Dinkes Garut, akan menindak lanjuti pasien paska pengobatan RSJMM,

“Dinkes Garut, akan meneruskan pengobatan 18 ODGJ paska rawat RSJMM melalui puskesma masing-masing”. Tuturnya.

Sementara Ketua Forum Kecamatan Cilawu Sehat yaitu Engkos Koswara, memohon agar evakuasi masal ODGJ tetap berlanjut,

“Masih ada ODGJ yang belum mendapatkan pengobatan RSJMM dan mudah-mudahan ODGJ tidak mampu akan sangat terbantu”. Jelasnya.

Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai PJ Lintas Sektor & Integrasi Instalasi Promosi Kesehatan Jiwa Rumah Sakit (PKRS) RSJMM, beserta 6 petugas Pelayanan Kesehatan Jiwa lainnya, dihadapan sekitar 75 peserta yang hadir, memberi apresiasi atas kerjasama yang telah dilakukan Kab.Garut melalui Dinkes, Dinsos, Kec.Cilawu, Puskesmas dan Forum Kecamatan Cilawu Sehat, sehingga kegiatan Evakuasi Masal dan Serah Terima kembali 18 ODGJ paska rawat RSJMM, sukses dilakukan, serta memberikan edukasi ke keluarga, agar pasien tetap rutin minum obat, kontrol, komunikasi yang hangat, aktifitas yang sesuai dan sosialisasi kembali ke masyarakat.” Pungkasnya.

Kegiatan dipungkas dengan menghadirkan 1 perwakilan pasien paska rawat RSJMM, untuk memberikan testimoni selama menjalani perawatan dan pengobatan di RSJMM, yang membuat seluruh peserta terharu dan bahagia melihat perkembangan kesehatan pasien sebelum dan sesudah menjalani perawatan, seraya menggelorakan semangat dalam photo bersama melalui teriakan jargon Stop Pasung ODGJ, Sehat Jiwa : Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

🖐Stop Pasung.

💪Sehat Jiwa.

🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

Laporan : Red/PKRS RSJMM

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Bupati Lampung Selatan Serahkan Bantuan Kendaraan Roda Tiga kepada Penderita Disabilitas

Wakil Bupati Azwar Hadi dan ketua PMI Lampung Timur Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Desa pasar Sukadana