Posluhdes Dunguswiru Berdayakan Ekonomi Pertanian Pasca Pandemi

GARUT, INFODESAKU – Pos Penyuluhan Desa sering dikenal dengan sebutan Posluhdes merupakan kelembagaan penyuluhan non struktural di desa. Posluhdes dibentuk dan dikelola secara partisipatif oleh petani dan untuk memberikan pelayanan konsultasi kepada para petani oleh Penyuluh Pertanian Swadaya. Untuk itu Posluhdes Dunguswiru Kecamatan Balubur Limbangan hadir ditengah tengah petani untuk berikan pelayanan, kali ini dalam tajuk Rembug tani dengan tema “Optimalisasi Peran Posluhdes dan Poktan Dalam Pemberdayaan Ekonomi Pertanian Pasca Pandemi” bertempat di Wartek desa. Selasa, (18/01).

Menurut Kepala desa Dadang Kusnadi, fungsi Posluhdes inilah yang mempercepat peningkatan kemampuan masyarakat perdesaan utamanya pelaku utama dan pelaku usaha, Posluhdes juga yang memberikan pelayanan dalam pengembangan usaha petani di perdesaan yang berperan sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa yang menopang seluruh aspek kegiatan pemberdayaan masyarakat pertanian di perdesaan.

“Posluhdes Dunguswiru merupakan satu-satunya Posluhdes paling aktif di Garut utara itu tandanya Pemerintah desa, dalam hal ini kepala desa sangat supot serta memberikan perhatian yang sangat besar terhadap para pelaku pertanian”, tegas Dadang Kusnadi.

Dadang Kusnadi juga mengungkapkan Jarkomluhdes dikembangkan dengan menggunakan sistem aplikasi berbasis website, dimanfaatkan sebagai wahana dalam pengembangan agribisnis pertanian dan untuk pengembangan data dan informasi produksi/produktivitas secara terpadu dengan stake holder lainnya di desa. Selain itu aplikasi video teleconference Jamkorluhdes bisa dimanfaatkan sebagai sosialisasi program pembangunan, perencanaan program desa, komunikasi dan diskusi antar desa, serta evaluasi program dan kebijakan di desa.

“Selain itu, sarana prasarana Posluhdes telah dilengkapi dengan Teknologi Informasi Komunikasi tersebut harus mampu dalam menyebarluaskan inovasi baru, teknis budidaya, informasi pasar dan informasi lainnya yang dibutuhkan oleh petani khususnya dan masyarakat lainnya”, ungkapnya.

Sementara Ketua Posluhdes Iim Yulia menjelaskan Posluhdes sebagai mitra pemerintah desa harus mampu memberdayakan petani, melalui penyusunan program penyuluhan pertanian, pelaksanaan penyuluhan pertanian, inventarisasi permasalahan dan pemecahannya; melaksanakan percontohan dan pengembangan model usahatani.

“Sebab itu hari ini kami melaksanakan kegiatan rembug tani untuk fasilitasi layanan informasi, konsultasi dan diklat dan fasilitasi forum penyuluhan untuk mempercepat upaya peningkatan kemampuan petani dalam melaksanakan program Pembangunan Pertanian diperdesaan dimasa pandemi sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, meningkatkan produktivitas petani dan kwalitas hasil pertanian”, jelasnya.

Rembug tani selain dihadiri anggota Gapoktan, hadirpula Penyuluh pertanian dari UPT pertanian, Babinsa dan acara dibuka oleh Kepala desa.

 

 

Laporan : Bhegin

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra