Peserta Musdes Simpen Kidul Hijrah Ke PAUD Karya Muda Mandiri, Sekdes Kritisi UPT

GARUT, INFODESAKU – Ada hal yang tidak biasa dalam pelaksanaan Musrembang penyusunan RKPD Kabupaten Garut tahun 2023 Desa Simpen Kidul, kecamatan Balubur Limbangan dimana acara dilaksanakan di Ruang PAUD Karya Muda Mandiri dengan peserta musyawarah duduk bersila yang beralaskan karpet masjid, menurut Sekertaris desa Ujang Jaenudin terpaksa acara dipindah ke PAUD mengingat Aula desa ambruk sehingga tidak bisa dipakai. Rabu, (19/01) lalu.

Lebih lanjut UJ sapaan akrab Sekretaris desa mengungkapkan kondisi aula desa ambruk karena paktor usia ditambah beberapa bulan terakhir diguyur hujan. Oleh sebab itu pelaksanaan Musrembang dipindah atau hijrah ke ruang kelas PAUD berada disebrang Aula desa. Rencananya renopasi Aula desa akan dilakukan pada tahun ini menggunakan anggaran dana desa tahun 2022 namun hal itu tidak mungkin dilaksanakan karena adanya Perpres 104 yang mengatur penggunaan DD.

“Dengan rincian 40% BLT DD, 20% Ketahanan pangan dan 8% penanganan covid-19 sisa 32% yang tidak mungkin digunakan untuk renopasi Aula desa karena ada skala prioritas lainnya seperti penanganan stanting dan pemberdayaan, untuk renovasi ringan kita akan menganggarkan dari Banpov”, jelasnya.

Menyunggung masalah Musrembang UJ mengkritisi peranan para UPT yang hadir dalam Musrembang hanya menjadi penoton saja, padahal dirinya mengharapkan kehadiran UPT sebagai perwakilan dari dinas terkait bisa menyampaikan program dinasnya atau memberikan informasi apa saja yang bisa diusulkan oleh peserta musyawarah kepada dinas terkait agar ada keselarasan anatara program dinas dengan kebutuhan masyarakat desa.

“Kami berharap kehadiran UPT dalam Musrembang ini bisa menyampaikan informasi terkait program di dinasnya agar ada keselarasan antara program dinas dengan kebutuhan masyarakat desa”, tegasnya.

 

 

Laporan : Bhegin

Related posts

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik